Cermati penggalan resensi buku berikut!

(Sumber gambar: educenter.id)

Buku karangan Shel Silverstein ini menggambarkan tentang persahabatan seorang anak dengan sebuah pohon. Sejak kecil, anak laki-laki itu menghampiri pohon apel dan bermain bersama pohon apel tersebut. Mulai dari membuat mahkota dari daun-daunan pohon tersebut, memanjat pohon apel itu, hingga bermain petak umpet sampai anak laki-laki itu tertidur di bawah pohon. Hal ini membuat pohon apel sangat bahagia dan sangat menyayangi anak laki-laki itu.

Seiring berjalannya waktu, anak laki-laki itu tumbuh menjadi seorang remaja dan mulai sibuk dengan dunia barunya serta teman-teman barunya. Kemudian, remaja laki-laki itu kembali menemui pohon apel tersebut. Pohon apel sangat senang karena selama remaja laki-laki itu sibuk dengan dunianya, ia merasa kesepian. Pohon apel itu mengajak remaja lelaki itu untuk bermain bersamanya, tetapi remaja lelaki itu menolak dan justru meminta uang untuk bersenang-senang. Pohon itu pun menyuruhnya mengambil buah apel yang bergelantungan untuk dijual. Setelah itu, remaja laki-laki itupun pergi untuk waktu yang sangat lama.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Bagaimana cara anak laki-laki tersebut bermain dengan pohon apel?

A

Dengan mengambil buah-buah apel yang bergelantungan.

B

Dengan bermain petak umpet hingga anak laki-laki tersebut tertidur di salah satu dahan pohon.

C

Dengan membuat tongkat dari ranting dan mahkota dari daun pohon apel.

D

Dengan memanjat pohon apel tersebut.

Pembahasan:

Soal tersebut menggunakan kata tanya bagaimana yang merupakan kata tanya untuk menanyakan cara. Cara anak laki-laki tersebut bermain dengan pohon apel dapat diamati pada kalimat ketiga paragraf pertama.

Mulai dari membuat mahkota dari daun-daunan pohon tersebut, memanjat pohon apel itu, hingga bermain petak umpet sampai anak laki-laki itu tertidur di bawah pohon.

Jadi, cara anak laki-laki tersebut bermain dengan pohon apel adalah dengan memanjat pohon apel tersebut.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Klasifikasi Informasi dan Penggunaan Kata Tanya Menguraikan Informasi KD4.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.164 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini