Bank Soal IPS SD Interaksi Manusia

Soal

Pilgan

Ketika seorang ibu dan anaknya mendatangi para pedagang baju yang berada di pasar malam, maka akan terjadi interaksi ekonomi berupa ....

A

tawar-menawar antara ibu dan pedagang mengenai harga baju yang akan dibeli

B

perkenalan antar pedagang dan pembeli

C

diskusi antara ibu dan anaknya mengenai baju yang diinginkan

D

menelepon keluarganya untuk mencari baju di tempat lain

Pembahasan:

Lingkungan ekonomi adalah lingkungan yang muncul karena adanya interaksi antar manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memiliki kebutuhan pokok agar tetap bisa bertahan hidup, seperti makan, pakaian, dan tempat tinggal.

Biasanya, interaksi lingkungan ekonomi terjadi antara produsen dan distributor, produsen dan konsumen, serta distributor dan konsumen, atau sederhananya interaksi antara pedagang dan pembeli. Pedagang melakukan penjualan barang supaya mendapat pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sementara konsumen membeli barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya juga.

Pada contoh soal di atas ketika ibu dan anaknya mendatangi pedagang baju di pasar malam, maka terjadilah interaksi ekonomi berupa tawar-menawar antara ibu dan pedagang mengenai harga baju yang akan dibeli.

Biasanya, baju yang dijual di pasar dapat ditawar. Namun, ada juga di beberapa tempat, harga baju sudah ditetapkan secara pasti. Selain tawar-menawar, interaksi ekonomi juga terjadi ketika adanya transaksi atau kesepakatan antara pembeli dan penjual terhadap pembelian sebuah produk.

K13 Kelas V IPS Sosiologi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Interaksi Manusia Skor 2
Memahami LOTS
Video
03 Agustus 2020
Interaksi Manusia | IPS | Kelas V
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal