Cermati teks pidato berikut.

Selamat siang.

Seluruh siswa SD Merdeka yang saya sayangi. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya. Pada hari ini, 10 November 2019, kita memperingati Hari Pahlawan. Oleh karenanya, perkenankanlah saya menyampaikan pidato tentang perjuangan pahlawan.

Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan. Mereka telah berjuang jiwa dan raga untuk membela tanah air. Mereka berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu, kalian sebagai generasi penerus bangsa, harus mempunyai semangat juang seperti mereka. Kalian tidak perlu lagi berjuang melawan penjajah. Akan tetapi, kalian harus berjuang untuk mengisi kemerdekaan yang diraih para pahlawan. Lakukan hal-hal positif yang bisa membanggakan bangsa. Kalian bisa melakukannya dengan banyak hal, seperti berprestasi di sekolah, melestarikan budaya, hingga menjaga lingkungan sekitar.

Kita harus melakukannya bersama-sama agar tidak terasa sulit. Marilah, senantiasa kita junjung rasa cinta tanah air. Kita harus bangga jadi Indonesia.

Selamat siang.

Maksud ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan adalah ….

A

untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan

B

untuk menambah daftar hari nasional

C

untuk menjaga nama baik pahlawan

D

untuk mengingat nama-nama pahlawan

Pembahasan:

Informasi tentang maksud ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan dapat diketahui dari paragraf kedua kalimat kedua.

Peringatan tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan.

Jadi, maksud ditetapkannya 10 November sebagai Hari Pahlawan adalah untuk mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan.

Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Pidato Menggali Isi
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini