Perhatikan penggalan paragraf dalam buku sejarah berikut!

Raja pertama kesultanan Malaka adalah Sultan Iskandar Syah. Nama aslinya adalah Paramisora. Ia adalah bangsawan yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Pada tahun 1390, ia menobatkan dirinya sebagai sultan. Pemerintahannya berlangsung sampai tahun 1413. Penggantinya adalah Sultan Megat Iskandar Syah. Malaka mulai berkembang dengan pesat pada masa pemerintahannya. Untuk selanjutnya, Sultan Muhamad Syah digantikan oleh anaknya yang bernama Sultan Parameswara Dewa Syah.

Malaka sebagai pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Sultan Muzafar Syah. Usaha membesarkan Malaka itu dilanjutkan oleh putranya, Sultan Mansur Syah. Untuk masa ini, Malaka yang memiliki angkatan laut yang bersifat sangat kuat. Panglima laut Malaka yang terkenal adalah Hang Tuah. Kerajaan Malaka mulai mengalami kemunduran pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah karena kedatangan bangsa Portugis yang dipimpin oleh Alfonso d’Albuquerque.

Kalimat efektif untuk memperbaiki kalimat yang bercetak tebal adalah ...

A

Pada masa ini, Malaka memiliki angkatan laut yang sangat kuat.

B

Pada masa ini, Malaka yang memiliki angkatan laut yang sangat kuat.

C

Untuk masa ini, Malaka memiliki angkatan laut yang paling kuat.

D

Pada masa ini, Malaka memiliki angkatan laut, yang sangat kuat.

Pembahasan:

Kalimat efektif adalah kalimat yang menggunakan kaidah atau struktur bahasa Indonesia dan pilihan kata baku. Kalimat yang tidak efektif dapat membuat pesan yang disampaikan penulis atau pembicara menjadi berbeda makna. Ciri-ciri kalimat efektif:

  • memiliki unsur penting atau pokok (minimal memiliki subjek dan predikat),
  • menggunakan struktur bahasa yang tepat,
  • memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
  • menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan,
  • menggunakan kata yang hemat, tidak bertele-tele, dan tidak ambigu.

Kalimat efektif untuk memperbaiki kalimat yang bercetak tebal adalah “Pada masa ini, Malaka memiliki angkatan laut yang sangat kuat”.

Pilihan jawaban yang lain tidak tepat dengan alasan berikut:

  • Pada masa ini, Malaka yang memiliki angkatan laut yang sangat kuat. → Kata yang setelah Malaka seharusnya dihilangkan.
  • Untuk masa ini, Malaka memiliki angkatan laut yang paling kuat. → Kata depan untuk tidak tepat digunakan di depan keterangan waktu. Kata depan untuk digunakan untuk menyatakan bagian, sebab atau alasan, tujuan atau maksud, selama, dan sudah.
  • Pada masa ini, Malaka memiliki angkatan laut, yang sangat kuat. → Tanda baca koma tidak tepat.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.230 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini