Bacalah dengan seksama teks berikut!

Bahasa Indonesia

Bahasa adalah identitas suatu bangsa yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa juga bisa menjadi ciri khas yang menjadi pembeda antara satu bangsa dengan bangsa lainnya. Bahasa yang menjadi identitas bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Sejarah Bahasa Indonesia sangat erat kaitannya dengan bahasa Melayu. Sejak dulu, bahasa Melayu sudah digunakan sebagai perantara atau bahasa pergaulan. Awal mulanya ketika kerajaan Sriwijaya berkunjung ke wilayah Asia Tenggara menggunakan bahasa Melayu kuno sebagai bahasa perantara dengan kerajaan lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti Kedukan Bukit di Palembang (683 M), prasasti Kota Kapur di Bangka Barat (686 M), dan prasasti Karang Brahi di Jambi (688 M).

Pada masa penjajahan Belanda, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa pengantar yang dibuat ejaannya secara baku oleh Belanda. Saat Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, Bahasa Indonesia lahir dan tertuang dalam ikrar Sumpah Pemuda, yang berbunyi “menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dengan Sumpah Pemuda itulah, Bahasa Indonesia kemudian dikukuhkan menjadi bahasa nasional. Pada tanggal 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia menjadi bahasa negara dan terkandung dalam UUD 1945 Bab XV, Pasal 36.

Ejaan bahasa Indonesia terus berkembang. Pada tanggal 19 Maret 1947, Menteri Pendidikan Indonesia, Soewandi, meresmikan ejaan Republik untuk menyempurnakan ejaan sebelumnya yang dibuat Belanda. Perubahan yang terjadi adalah huruf oe menjadi huruf u, kata ulang boleh disingkat dengan angka 2, koma ain menjadi huruf k (pa’=pak), dan kata depan di ditulis serangkai. Pada tahun 1972, Presiden Republik Indonesia meresmikan EYD atau ejaan yang disempurnakan. EYD menambahkan aturan tentang huruf kapital, tanda baca, singkatan dan akronim, serta penulisan unsur serapan. Ejaan bahasa Indonesia kembali disempurnakan menjadi EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) pada tahun 2015 melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.50 tahun 2015.


Ejaan Bahasa Indonesia terus berkembang dan disempurnakan. Penjelasan mengenai hal tersebut terdapat pada paragraf ....

A

pertama

B

kedua

C

ketiga

D

keempat

Pembahasan:

Ejaan Bahasa Indonesia terus berkembang dan disempurnakan. Penjelasan mengenai hal tersebut terdapat pada paragraf ketiga. Paragraf tersebut menjelaskan perkembangan Bahasa Indonesia mulai dari Ejaan Republik pada tahun 1947, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pada tahun 1972, dan terakhir Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada tahun 2015.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.546 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini