Bacalah dengan seksama teks berikut!

Kedatangan Bangsa Spanyol ke Indonesia

Pada tahun 1521, bangsa Spanyol datang ke Maluku. Mereka tiba di Maluku melalui jalur perairan Indonesia. Kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia tersebut bertujuan untuk melakukan perdagangan rempah-rempah. Namun, saat itu Maluku sudah ada di bawah kekuasaan bangsa Portugis. Oleh sebab itu, kedatangan bangsa Spanyol disambut baik oleh rakyat Maluku, khususnya rakyat Tidore.

Rakyat Maluku pun memanfaatkan kedatangan bangsa Spanyol untuk membantu mereka melepaskan diri dari bangsa Portugis. Mereka berusaha bekerja sama dengan bangsa Spanyol untuk melawan bangsa Portugis. Akhirnya, terjadilah konflik sosial antara bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di Maluku. Kondisi di Maluku pun semakin memprihatinkan. Oleh sebab itu, pada tahun 1534, dibuatlah perjanjian Saragosa antara bangsa Spanyol dengan bangsa Portugis. Perjanjian tersebut berisi kesepakatan bahwa bangsa Spanyol mendapatkan wilayah di Filipina, sedangkan bangsa Portugis tetap dapat berada di wilayah Indonesia.

(Sumber: Kepulauan Rempah-rempah; Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250 – 1950, dengan penyesuaian)


Mengapa Spanyol datang ke Indonesia, khususnya ke wilayah Maluku?

A

Spanyol ingin menjajah Indonesia dan dimulai dari Maluku.

B

Spanyol ingin melakukan perdagangan rempah-rempah.

C

Spanyol ingin menguasai perdagangan rempah-rempah di dunia.

D

Spanyol ingin mengusir Portugis dari Maluku.

Pembahasan:

Tujuan Spanyol datang ke Indonesia adalah untuk melakukan perdagangan rempah-rempah. Informasi ini terdapat pada paragraf pertama dalam kalimat berikut: Kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia tersebut bertujuan untuk melakukan perdagangan rempah-rempah.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.229 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini