Bacalah dengan seksama teks berikut!

Sumpah Pemuda

Setelah Kongres Pemuda I dilaksanakan pada tahun 1926, para pemuda Indonesia kembali berkumpul untuk membicarakan kembali cita-cita persatuan Indonesia. Kongres tersebut kemudian diberi nama Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 di Jakarta. Sama seperti kongres sebelumnya, Kongres Pemuda II dihadiri oleh perwakilan pemuda dari berbagai organisasi di Indonesia, seperti Pemuda Sumatra, Pemuda Indonesia, Pemuda Kaum Betawi, Jong Java, Jong Ambon, dan Jong Celebes.

Rangkaian acara dalam Kongres Pemuda II terbagi atas 3 kali persidangan. Dari ketiga persidangan tersebut, para pemuda kembali membahas masalah persatuan dan kebangsaan Indonesia, pendidikan, serta pergerakan kepanduan. Dalam Kongres Pemuda II inilah terjadi peristiwa Sumpah Pemuda. Hasil kongres tersebut merumuskan teks Sumpah Pemuda yang berisi bahwa para pemuda mengakui satu tanah air yaitu tanah Indonesia, satu bangsa yaitu bangsa Indonesia, serta menjunjung satu bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Teks Sumpah Pemuda tersebut dirumuskan oleh Moh. Yamin dan dibacakan secara langsung oleh ketua penyelenggara kongres, Sugondo Joyopuspito.

(Sumber: Indonesia dalam Arus Sejarah: Masa Pergerakan Kebangsaan, dengan penyesuaian)


Rangkaian acara dalam Kongres Pemuda II dibagi menjadi 3 kali persidangan. Hal apa saja yang dibahas dalam kongres tersebut?

A

Undang-undang negara, lambang negara, dan bahasa nasional.

B

Persiapan kemerdekaan Indonesia, serta presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

C

Persatuan dan kebangsaan Indonesia, pendidikan, serta pergerakan kepanduan.

D

Jaminan kesehatan nasional, pendidikan nasional, dan dasar negara.

Pembahasan:

Rangkaian persidangan dalam Kongres Pemuda II membahas tentang masalah persatuan dan kebangsaan Indonesia, pendidikan, serta pergerakan kepanduan. Informasi ini terdapat pada paragraf kedua dalam kalimat berikut:

Dari ketiga persidangan tersebut, para pemuda kembali membahas masalah persatuan dan kebangsaan Indonesia, pendidikan, serta pergerakan kepanduan.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.546 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini