Perhatikan teks pidato berikut.

Selamat pagi, warga Desa Makmur yang saya cintai. Pada pagi hari ini, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 RI. Pada perayaan kali ini, perkenankanlah saya selaku Ketua RT menyampaikan sepatah dua patah kata.

Kemerdekaan Republik Indonesia didapatkan dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Kita sebagai generasi penerus sudah seharusnya mempertahankan kemerdekaan tersebut. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan. Misalnya saja, untuk para pelajar bisa dengan belajar yang rajin. Bapak-bapak bisa menjaga semangat bergotong royong membangun desa. Sementara itu, ibu-ibu juga bisa menjaga kerukunan dan kebersihan desa.

Sekiranya, itu saja yang bisa saya sampaikan pada perayaan HUT RI kali ini. Sekarang, kita bisa memulai perayaan dengan mengikuti berbagai lomba yang sudah disiapkan oleh panitia. Akan tetapi, perlu diingat, kita harus sportif dalam berlomba. Terima kasih atas perhatian Bapak, Ibu, dan segenap warga Desa Makmur.

Selamat pagi.

Pesan yang disampaikan Ketua RT Desa Makmur sebelum memulai perlombaan adalah ….

A

sportif dalam berlomba

B

menang banyak perlombaan

C

menjaga nama baik bangsa

D

mempertahankan kemerdekaan

Pembahasan:

Informasi tentang pesan yang disampaikan Ketua RT Desa Makmur sebelum memulai perlombaan dapat diketahui dari paragraf ketiga kalimat ketiga.

Akan tetapi, perlu diingat, kita harus sportif dalam berlomba.

Jadi, pesan yang disampaikan Ketua RT Desa Makmur sebelum memulai perlombaan adalah sportif dalam berlomba.

Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Pidato Menggali Isi
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.652 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini