Cermati teks berikut!

Transportasi Masa Depan?

Mungkinkah ada kendaraan yang dapat menempuh jarak antara Jakarta dan Surabaya dalam waktu 40 menit? Dengan mobil, jarak tersebut ditempuh dalam waktu 10 jam. Dengan pesawat, 1,5 jam. Kendaraan seperti apakah yang bisa lebih cepat dari pesawat?

Hyperloop adalah sebuah konsep kendaraan masa depan yang masih dalam tahap rancangan dan uji coba di Amerika Serikat. Bentuknya adalah sebuah kapsul yang dapat memuat 28 penumpang. Kapsul ini bergerak di dalam terowongan bawah tanah yang hampa udara dengan prinsip magnetik. Artinya, kapsul sama sekali tidak bersentuhan dengan terowongan yang dilaluinya. Dengan rancangan ini, kapsul Hyperloop dapat mencapai kecepatan hingga 1.200 km/jam. Tingkat kecepatan ini 10 kali lebih cepat dari mobil dan 30% kali lebih cepat dari pesawat.

sumber: forbes.com

Hyperloop sering disebut sebagai mode transportasi yang kelima. Empat mode lainnya adalah kendaraan di jalan (mobil), rel (kereta), udara (pesawat), dan air (kapal). Tidak seperti mode kendaraan lainnya, Hyperloop akan dioperasikan sepenuhnya oleh komputer. Karena lokasinya di bawah tanah, transportasi ini akan bebas dari gangguan hujan, angin, kabut, maupun salju.

Beberapa pengembang memperkirakan tahun 2022 sebagai target tercepat Hyperloop dapat mulai digunakan oleh publik. Di Indonesia, sudah ada wacana untuk menggunakan struktur Hyperloop di tiga daerah, yaitu Sumatera Utara, antar bandara di Pulau Jawa, dan antara Jakarta dan Tangerang.

(Sumber: wikipedia, techinasia.com, dengan penyesuaian)

Berdasarkan teks nonfiksi di atas, hal-hal berikut dapat berisiko mengganggu penumpang Hyperloop, kecuali ....

A

topan badai

B

gempa bumi

C

gagal listrik

D

banjir bandang

Pembahasan:

Soal ini meminta kita untuk memprediksi kejadian, karena dalam teks tidak disinggung mengenai risiko pada penumpang Hyperloop. Prediksi kejadian dapat ditentukan dengan membaca teks secara utuh, kemudian menentukan kejadian yang mungkin terjadi dengan mempertimbangkan hubungan sebab akibat dalam cerita. 

Untuk memperkirakan risiko pada penumpang Hyperloop, perlu kita cermati sifat-sifat yang ada pada kendaraan ini:

  • berada di bawah tanah (paragraf kedua),
  • dioperasikan oleh komputer (paragraf ketiga).

Berdasarkan sifat-sifat di atas, gangguan yang mungkin misalnya:

  • gempa bumi, yang merobohkan atau merusak terowongan,
  • banjir bandang, yang menenggelamkan terowongan,
  • gagal listrik, yang mematikan komputer yang mengatur jalannya kendaraan,
  • gagal program (karena serangan peretas, misalnya), yang mengacaukan komputer yang mengatur jalannya kendaraan.

Dari pilihan-pilihan jawaban yang ada, yang tidak terdapat di atas adalah topan badai. Ini karena topan badai berada di atas tanah, dan kemungkinan besar tidak mengganggu operasi kendaraan di bawah tanah (akhir paragraf ketiga).

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.158 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini