Cermati teks berikut!

Dunia Laut Dalam

Tahukah kamu kalau terdapat dunia luas yang gelap dan penuh misteri di dalam laut? Di bawah 200 meter dari permukaan laut, kondisi dalam laut gelap total, sangat dingin, minim oksigen dan makanan. Untuk mempelajari dunia ini, manusia harus menggunakan kapal selam berdinding tebal yang tahan tekanan tinggi di bawah laut. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, tidak sampai seperlima dari seluruh isi laut berhasil dipetakan dan dipelajari oleh manusia. Sebagian besar dari ketidaktahuan ini bersumber dari dunia gelap laut dalam.

Dari hasil eksplorasi laut dalam, ditemui kenyataan yang mengejutkan! Ternyata banyak jenis makhluk aneh yang menghuni dunia ini. Keanehan ini timbul karena mereka beradaptasi supaya bisa bertahan hidup di lingkungan yang gelap dan tidak ramah. Beberapa spesies dapat menciptakan cahaya sendiri, seperti neon warna warni, untuk menarik mangsa atau pasangan. Spesies lainnya menciptakan makanan sendiri dari bahan kimia tanpa bantuan matahari. Ada yang sangat besar, seperti cumi raksasa yang panjangnya 12-14 meter, atau bentuknya mengecil, seperti ikan hiu yang besarnya sekepalan tangan. Lainnya mempunyai kelamin jantan dan betina dalam tubuh yang sama, karena sulitnya menemukan pasangan di daerah yang gelap dan sangat luas.

Makhluk laut dalam

sumber: Safari Ltd

Banyak dari makhluk-makhluk ini berkumpul di sekitar lubang hidrotermal di dasar laut. Lubang-lubang ini sangat panas, dengan suhu berkisar antara 60 hingga 460 derajat Celcius. Dari dalam lubang keluar asap dan mineral dari dalam kerak bumi yang menghidupi hewan-hewan seperti cacing raksasa, kerang, dan udang. Selain lubang hidrotermal, sumber makanan lainnya adalah tubuh hewan-hewan laut atas yang mati dan tenggelam ke dasar laut.

(Sumber: wikipedia, dengan penyesuaian)

Apa yang akan terjadi jika kamu masukkan makhluk laut dalam ke dalam akuarium di rumahmu?

A

Makhluk tersebut akan mati.

B

Makhluk tersebut lama kelamaan akan berubah jadi ikan biasa.

C

Makhluk tersebut akan menyerang ikan-ikan lainnya.

D

Makhluk tersebut hanya akan bergerak jika kondisi gelap total.

Pembahasan:

Soal ini meminta kita untuk memprediksi kejadian, yang dapat disimpulkan dengan penggunaan frasa "Apa yang akan terjadi jika ... ?" Prediksi kejadian dapat ditentukan dengan membaca teks secara utuh, kemudian menentukan kejadian yang mungkin terjadi dengan mempertimbangkan hubungan sebab akibat dalam cerita. 

Dalam bacaan di atas, tidak ada jawaban yang pasti atas pertanyaan mengenai nasib makhluk laut dalam yang dibawa ke luar tempat hidupnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu membuat terkaan yang masuk akal berdasarkan isi teks nonfiksi. Isi teks yang bercerita tentang kehidupan makhluk laut dalam ada pada paragraf kedua kalimat ketiga:

Keanehan ini timbul karena mereka beradaptasi supaya bisa bertahan hidup di lingkungan yang gelap dan tidak ramah.

dan paragraf pertama kalimat kedua:

Di bawah 200 meter dari permukaan laut, kondisi dalam laut gelap total, sangat dingin, minim oksigen dan makanan. Untuk mempelajari dunia ini, manusia harus menggunakan kapal selam berdinding tebal yang tahan tekanan tinggi di bawah laut.

Dari kalimat-kalimat ini, diketahui bahwa tubuh makhluk-makhluk ini sudah berubah supaya sesuai dengan lingkungan laut dalam yang gelap, sangat dingin, minim oksigen dan makanan, dan bertekanan tinggi. Bagi mereka, lingkungan dalam akuarium rumah terlalu terang, panas, dan bertekanan terlalu rendah. Jika kita merasa lingkungan mereka tidak cocok untuk kehidupan, maka hal yang sama mungkin terjadi jika mereka berada di lingkungan kita. Dengan demikian, kemungkinan besar makhluk-makhluk ini akan mati jika tiba-tiba dipindah dari laut dalam ke akuarium.


Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.224 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini