Baca teks berikut ini dengan cermat.

Pelangi

Pelangi adalah garis warna-warni yang muncul di langit sehabis terjadinya hujan. Pelangi terjadi ketika cahaya matahari terkena air hujan dan mengalami pembiasan. Namun pelangi tidak selalu terjadi setiap saat sehabis hujan. Ada waktu dan proses tertentu yang menyebabkan munculnya pelangi.

Saat pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (dari udara ke air). Ketika sinar matahari melewati tetesan air, cahaya tersebut akan dibengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tertentu berpisah dengan warna lainnya.

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda. Sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi. Warna yang pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah. Nantinya, akan terlihat warna mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Hanya orang-orang yang beruntung yang bisa melihat pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat di posisi tertentu si pengamat. Jika ingin melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari. Sinar matahari berada di belakang si pengamat sehingga akan terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi. Jadi hanya dari posisi itulah kita bisa melihat pelangi.

(Sumber: Bobo.grid.id, dengan penyesuaian)

Berikut ini yang termasuk warna dalam pelangi adalah ....

A

jingga, biru, nila, ungu

B

merah, kuning, abu-abu, nila

C

jingga, putih, hijau, ungu

D

hijau, pink, kuning, biru

Pembahasan:

Untuk mengetahui warna-warna yang terdapat dalam pelangi, kita harus membaca kalimat keempat paragraf ketiga dengan cermat.

Nantinya, akan terlihat warna mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Jadi yang termasuk warna dalam pelangi adalah jingga, biru, nila, ungu.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.229 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini