Cermati teks narasi sejarah berikut.
Mula Emas Dianggap Berharga
(Sumber: freepik.com)
Emas merupakan salah satu logam mulia yang berharga. Emas kerap dibuat menjadi perhiasan, seperti gelang, kalung, dan cincin. Selain itu, emas terkadang dijadikan tabungan karena harga jualnya yang sering mengalami kenaikan. Akan tetapi, tahukah kamu sejak kapan emas dianggap berharga?
Emas memang tersebar di seluruh dunia. Namun, untuk mendapatkannya bukanlah perkara yang mudah. Karena banyak yang menginginkan, terjadilah tukar-menukar emas dengan barang-barang lain. Dari situlah, awal mula emas menjadi alat tukar atau pembayaran yang nilainya sangat berharga.
(Sumber: bobo.grid.id dengan penyesuaian)
Kesimpulan dari teks narasi sejarah tersebut adalah …
A
Emas menjadi logam mulia yang sangat berharga. Awalnya, emas ditukar dengan barang lain. Dari situlah, nilai emas menjadi berharga.
B
Emas adalah logam mulia yang sering dijadikan perhiasan. Banyak perhiasan yang dibuat dari emas. Misalnya, kalung, gelang, dan cincin.
C
Selain menjadi perhiasan, emas sekarang juga bisa menjadi tabungan. Emas menjadi tabungan karena harga jualnya sering mengalami kenaikan.
D
Emas memang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi, untuk mendapatkan emas bukanlah perkara yang mudah.
Pembahasan:
Kesimpulan adalah intisari atau pokok dari teks. Kesimpulan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Berisi pernyataan umum.
- Berisi pokok bahasan teks.
Teks narasi sejarah tersebut membahas awal mula emas dianggap berharga. Oleh karena itu, kesimpulan yang tepat adalah Emas menjadi logam mulia yang sangat berharga. Awalnya, emas ditukar dengan barang lain. Dari situlah, nilai emas menjadi berharga.
Dari kesimpulan tersebut, kita dapat mengetahui awal mula emas dianggap berharga.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 43.926 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Penggunaan kata ekspresif dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Yang merupakan faktorisasi bentuk aljabar 10x + 5y adalah ….
Hasil kali dua bilangan sama dengan . Salah satu bilangan itu bernilai . Bilangan yang lainnya adalah ....
Cermati pilihan berikut!
- Kita harus menjaga kesehatan bukan karena ingin hidup abadi, karena kekekalan hanyalah milik Tuhan semata.
- Dalam memilih barang berharga, sudah sepatutnya kita menguji keasliannya agar tidak mudah tertipu.
- Data mengenai jumlah kematian yang diberikan oleh WHO akurat karena persis seperti apa yang terjadi di lapangan.
- Kebahagiaan dan kesedihan seseorang tidak diukur dari banyaknya harta kekayaan yang dimiliki.
Dari pilihan kalimat tersebut yang termasuk kalimat yang mengandung kosakata bersinonim adalah pilihan kalimat bernomor ....
Berdasarkan sifat peristiwanya, teks cerita inspiratif dibagi menjadi dua, yaitu ....