Perhatikan teks narasi sejarah berikut.

Lahirnya Tamansiswa

Tamansiswa adalah lembaga pendidikan yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara. Tidak sekadar lembaga pendidikan, Tamansiswa didirikan juga sebagai badan perjuangan dan pembangunan masyarakat. Tamansiswa merupakan hasil musyarawah dari kelompok sarasehan Selasa Kliwonan. Kelompok Selasa Kliwonan di masa penjajahan menjadi salah satu kelompok yang memperhatikan nasib bangsa Indonesia.

Tamansiswa didirikan pada tanggal 3 Juli 1992. Dulunya, Tamansiswa bernama National Onderwijs Instituut Taman Siswo. Nama tersebut bermakna ‘lembaga pendidikan nasional Taman Siswo’. Namun, nama tersebut kemudian berubah menjadi Tamansiswa.

(Sumber: Buku Ilmu Pendidikan dengan penyesuaian)

Kesimpulan dari teks narasi sejarah tersebut adalah …

A

Tamansiswa didirikan dibangun sebagai lembaga pendidikan. Selain itu, Tamansiswa juga didirikan sebagai badan perjuangan dan pembangunan masyarakat.

B

Tamansiswa merupakan hasil musyawarah kelompok sarasehan Selasa Kliwonan. Kelompok tersebut menjadi salah satu kelompok yang memikirkan nasib bangsa.

C

Kelompok Selasa Kliwonan adalah kelompok yang memikirkan nasib bangsa. Kelompok tersebut akhirnya mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama Tamansiswa.

D

Tamansiswa didirikan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai lembaga pendidikan. Oleh karena itu, Ki Hajar Dewantara mendapat julukan Bapak Pendidikan.

Pembahasan:

Kesimpulan adalah intisari atau pokok dari teks. Kesimpulan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Berisi pernyataan umum.
  • Berisi pokok bahasan teks.

Teks narasi sejarah tersebut membahas lahirnya Tamansiswa. Jadi, kesimpulan yang tepat adalah Tamansiswa didirikan sebagai lembaga pendidikan. Selain itu, Tamansiswa juga didirikan sebagai badan perjuangan dan pembangunan masyarakat.

Dari kesimpulan tersebut, kita dapat mengetahui tujuan didirikannya Tamansiswa.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Narasi Sejarah Kesimpulan Teks
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini