Bank Soal Biologi SMA Determinasi Seks pada Manusia

Soal

Pilgan

Beberapa kalangan masyarakat masih memiliki pandangan tradisional bahwa setiap keluarga harus memiliki anak laki-laki untuk meneruskan silsilah keluarga. Seorang wanita yang melahirkan anak perempuan saja sering menjadi bahan gunjingan di masyarakat dan keluarga karena tidak bisa melahirkan anak laki-laki.

Pandangan masyarakat awam ini benar atau salah? Mengapa demikian?

A

Pandangan tersebut salah, karena jenis kelamin anak tidak diatur oleh suatu gen.

B

Saya sependapat dengan pandangan di atas, karena wanita yang mengandung maka jenis kelamin anak tergantung pada wanita tersebut.

C

Pandangan tersebut benar, karena wanita memiliki kromosom X yang homozigot dan sangat menentukan jenis kelamin anaknya.

D

Saya tidak sependapat dengan pandangan di atas, yang berperan dalam menentukan jenis kelamin anak adalah kromosom seks dari laki-laki.

E

Pandangan di atas salah karena jenis kelamin laki-laki atau perempuan tergantung kualitas ovum dan sperma yang dihasilkan.

Pembahasan:

Penentuan jenis kelamin atau determinasi seks ditentukan oleh gonosom (kromosom seks). Wanita memiliki kromosom X homozigot (XX) dan laki-laki memiliki kromosom heterozigot (XY). Jenis kelamin anak merupakan kombinasi dari ayah dan ibunya.

Seorang ibu akan mewariskan kromosom X ke setiap anaknya, sedangkan seorang ayah akan mewariskan kromosom X atau Y. Jika kromosom dari sperma X maka anaknya XX (perempuan), jika kromosom dari sperma Y maka anak yang lahir XY (laki-laki). Oleh karena itu, jenis kelamin anak ditentukan oleh jenis kromosom yang diberikan oleh ayahnya.

Maka stigma masyarakat yang menyalahkan wanita karena hanya melahirkan anak perempuan salah karena yang berperan dalam menentukan jenis kelamin anak adalah kromosom seks dari laki-laki.

K13 Kelas XII Biologi Biologi Hereditas pada Manusia Determinasi Seks pada Manusia Skor 2
LOTS Memahami
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal