Bank Soal Biologi SMA Biologi Sebagai Sains

Soal

Pilgan

Salah satu pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian adalah dihasilkannya buah-buahan tanpa biji. Teknik untuk menghasilkan buah tanpa biji disebut ....

A

teknik penyerbukan dengan bantuan manusia

B

teknik mutasi buatan dengan perendaman senyawa kolkisin 

C

teknik pemotongan, penyambungan, dan penyisipan gen 

D

teknik kultur jaringan 

E

teknik fertilisasi in vitro

Pembahasan:

Dalam bidang pertanian, ilmu biologi dimanfaatkan dengan menggunakan berbagai teknik. Salah satunya adalah teknik mutasi buatan yang merupakan sebuah usaha untuk mengubah susunan atau jumlah materi genetik/DNA dengan menggunakan sinar radioaktif atau dengan senyawa kimia.

Teknik mutasi buatan dengan teknik perendaman biji-biji tanaman di dalam senyawa kolkisin menyebabkan tanaman mempunyai buah yang besar dan tidak berbiji. Misalnya diterapkan pada buah semangka, pepaya, jeruk, dan anggur sehingga menjadi buah tanpa biji. Meskipun mempunyai nilai positif, tanaman jenis ini juga memberikan efek negatif pada dunia pertanian, yaitu tidak dapat menghasilkan tanaman baru sebagai keturunannya karena bijinya tidak berkembang dengan sempurna.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah teknik mutasi buatan dengan perendaman senyawa kolkisin.


*Kultur jaringan adalah metode yang digunakan untuk mengisolasi bagian tubuh tanaman, seperti sel, jaringan, dan organ, kemudian menumbuhkannya dalam kondisi aseptik, sehingga dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman yang lengkap.

*Fertilisasi in vitro adalah teknik untuk melakukan proses pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh wanita/di luar rahim.

*Rekayasa genetika (teknik pemotongan, penyambungan, dan penyisipan gen) adalah manipulasi gen suatu organisme dengan bantuan bioteknologi.

K13 Kelas X Biologi Biologi Ruang Lingkup Biologi Biologi Sebagai Sains Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal