Bank Soal Fisika SMA Keselamatan Kerja di Laboratorium

Soal

Pilgan

Sumber: https://www.freepik.com/

Pada sebuah kegiatan eksperimen, seorang siswa mencampurkan metanol yang dia ambil dari kemasan berlabel seperti pada gambar. Bahan tersebut akan digunakan sebagai antibeku di dalam eksperimennya. Tetapi, pada saat mengambil bahan tersebut dia menghirupnya karena penasaran dan tiba-tiba mengalami penurunan kesadaran. Salah satu langkah yang tepat sebagai upaya pertolongan pertama pada kecelakaan tersebut adalah ....

A

memberi minum 2 gelas air putih

B

jangan menambahkan salep pada luka

C

putuskan kontak korban dengan sumber listrik

D

tutup luka dengan bahan yang steril

E

pindahkan korban ke tempat yang berudara segar

Pembahasan:

Lambang berbahaya pada gambar menunjukkan bahwa metanol tersebut merupakan bahan beracun. Kemudian siswa tersebut menghirupnya, sehingga terjadi kecelakaan berupa penurunan kesadaran. Kecelakaan lain yang mungkin dapat terjadi adalah gangguan penglihatan serta mual dan muntah. Langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan kerja di laboratorium jika korban menghirup bahan kimia di antaranya adalah pindahkan korban ke tempat yang berudara segar; kemudian jika korban masih bernapas, longgarkan pakaian pakaian dan perhatikan jalan napasnya, tapi jika korban tidak bernapas, lakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) sampai pertolongan medis datang.

Jadi, salah satu langkah yang tepat sebagai upaya pertolongan pertama pada kecelakaan tersebut adalah pindahkan korban ke tempat yang berudara segar.

K13 Kelas X Fisika Fisika Hakikat Fisika dan Keselamatan Kerja Laboratorium Keselamatan Kerja di Laboratorium Skor 2
Memahami LOTS
Video
13 Agustus 2020
Pengukuran | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal