Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menggali Informasi Teks Diskusi

Soal

Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Sekolah Berdasarkan Sistem Zonasi, Setuju atau Tidak?

Ketidakmerataan kompetensi siswa menjadi permasalahan pelik yang terus terjadi hingga saat ini. Hal tersebut mengakibatkan adanya ketimpangan kualitas sekolah satu dengan yang lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, pemerintah menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru. Namun program baru tersebut mendapat banyak perdebatan dari masyarakat. Setuju atau tidak setujukah masyarakat dengan sistem zonasi?

Protes terhadap sistem zonasi bahkan sampai memantik aksi massa. Di Surabaya, aksi massa yang melakukan protes berlangsung sampai malam hari. Presiden Jokowi kemudian mengakui bahwa sistem zonasi perlu dikaji ulang karena banyak menimbulkan masalah dan kritikan.

Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian, menjadi salah satu pihak yang menolak keras sistem zonasi. Hetifah berpandangan bahwa Indonesia belum siap menerapkan sistem zonasi, karena kondisi sarana dan prasarana belum sama baik antara satu sekolah dengan yang lainnya. Ia juga mengatakan bahwa kuantitas dan kualitas guru juga belum merata. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa ia tidak ingin sistem zonasi dibatalkan. Yang Hetifah inginkan adalah sistem zonasi dikaji ulang.

Namun, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy menjadi pihak yang mendukung sistem zonasi diterapkan. Muhadjir menjelaskan bahwa kebijakan sistem zonasi menimba inspirasi dari negara maju seperti Jepang, Amerika, Jerman, dan lain sebagainya. Ia juga mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi negara-negara maju tersebut pun pada awalnya sama dengan Indonesia. Secara bertahap mereka terus memperbaikinya sehingga menjadi maju seperti sekarang.

Ketua DPP PKS, Ledia Hanifah Amaliah, memberikan solusi kepada pemerintah terkait penentangan sistem zonasi. Hanifah mengatakan, "Solusi pertama, evaluasi menyeluruh kebijakan sistem zonasi. Kedua, beri keleluasaan pada daerah untuk menyesuaikan kondisinya."

(Sumber: Detik.com, dengan penyesuaian)

Alasan pendukung dari kelompok yang kontra adalah ...

A

Hetifah tidak ingin sistem zonasi dibatalkan, tetapi ia ingin agar sistem zonasi dikaji ulang.

B

Di Surabaya, aksi massa yang melakukan protes terkait kebijakan sistem zonasi berlangsung sampai malam hari.

C

Kondisi sarana dan prasarana yang belum sama baik antara sekolah satu dan yang lainnya serta kuantitas dan kualitas guru yang belum merata.

D

Persoalan yang dihadapi negara-negara maju pada awalnya sama dengan Indonesia, tetapi mereka terus memperbaikinya sehingga menjadi maju.

Pembahasan:

Alasan pendukung adalah alasan yang digunakan untuk menguatkan argumen pihak pro ataupun kontra.

Dalam teks diskusi di atas, alasan pendukung pihak kontra terdapat pada paragraf ketiga, yaitu Hetifah berpandangan bahwa Indonesia belum siap menerapkan sistem zonasi karena kondisi sarana dan prasarana belum sama baik antara sekolah satu dan yang lainnya. Ia juga mengatakan bahwa kuantitas dan kualitas guru pun belum merata.

Jadi alasan pendukung dari kelompok kontra adalah Kondisi sarana dan prasarana yang belum sama baik antara sekolah satu dan yang lainnya serta kuantitas dan kualitas guru yang belum merata.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Teks Diskusi Menggali Informasi Teks Diskusi Skor 2
KD3.9 Memahami LOTS
Video
24 Oktober 2022
Menggali Informasi Teks Diskusi | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal