Bank Soal IPS SMP Kondisi Alam Beberapa Negara di Dunia

Soal

Pilgan

Ibu kota negara Selandia Baru adalah ....

A

Wellington

B

Auckland

C

Christchurch

D

Dunedin

Pembahasan:

Selandia Baru (New Zealand) merupakan negara yang termasuk dalam Benua Australia. Secara Astronomis, Selandia Baru terletak di antara 35⁰ LS - 48⁰ LS dan di antara 167⁰ BT - 178⁰ BT dengan luas wilayah 286.676 km2. Selandia Baru tergabung dalam Negara Persemakmuran (Commonwealth). Ibu kota dari Selandia Baru adalah Wellington yang berada di Pulau Utara.

Wellington merupakan daerah urban terbesar di Selandia Baru, serta ibu kota terpadat di Oseania (wilayah bumi dengan daratan terkecil dan populasi terkecil). Luas wilayah Wellington adalah 1.388 km2. Wellington berada di ujung barat daya Pulau Utara di antara Selat Cook dan Rimutaka Range. Wellington memiliki iklim maritim sedang, dan merupakan kota paling berangin di dunia menurut rata-rata kecepatan angin.

Jumlah penduduk wilayah Wellington per Juni 2019 adalah 424.000 jiwa. Perekonomian utama di Wellington berbasis layanan/jasa dengan berfokus pada keuangan, layanan bisnis, dan pemerintahan. Wellington memiliki pelabuhan bernama Pelabuhan Wellington yang digunakan untuk melayani pengiriman domestik dan internasional. Selain itu, Wellington juga bergerak di bidang pariwisata, seni dan budaya, film, serta teknologi informasi komunikasi (TIK) yang memiliki peran penting dalam perekonomian.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ibu kota negara Selandia Baru adalah Wellington.

Sumber: id.wikipedia.org

K13 Kelas IX IPS Geografi Benua-Benua di Dunia Kondisi Alam Beberapa Negara di Dunia Skor 1
Mengetahui LOTS
Video
03 Mei 2021
Kondisi Alam Beberapa Negara di Dunia | IPS | Kelas IX
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal