Cermati penggalan cerpen di bawah ini!

“Aku saranin jangan budaya Indonesia deh soalnya kuno banget mending K-pop atau gak J-pop kan lagi hits tuh,” sahut Alfa memberikan usulan lain.

“Jangan gitu dong, Fa. Masa kamu anggap budaya sendiri kuno,” sanggahku menolak usulannya.

Gue setuju tuh sama Alfa. Emang budaya negeri ini kuno mending yang lain dah,” jawab Anta.

“Karena itu kita harus membuat budaya kita lebih dikenal,” jawabku kesal.

“Budaya kita itu kuno makanya banyak orang malas buat mempelajarinya,” Alma ikut memberi sanggahan.

“Apa sih, kalian itu lahir di Indonesia masa gak ada rasa nasionalisme si?!” Rini ikut memberi pendapat.

“Mungkin kalau gue bisa milih, gue gak bakal mau lahir di Indonesia,” jawab Anta dan diangguki oleh Alma dan Alfa.

“Itu udah takdir Tuhan buat kalian lahir di Indonesia dan kalian lahir punya tujuan di sini!” jawabku dengan kesal.

“Stop!! Kenapa jadi melenceng si, kita voting aja kalau kaya gitu,” Riga mengeluarkan suara juga setelah memperhatikan kami beradu pendapat.

(Dikutip dari cerpen berjudul "Anak Bangsa" karya Kalimatus Sa'diyah)

Nilai kehidupan yang menonjol dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....

A

nilai estetika

B

nilai moral

C

nilai religi

D

nilai budaya

Pembahasan:

Nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang dimasukkan penulis ke dalam cerpen sehingga pembaca dapat mengambil pesan yang hendak disampaikan oleh penulis. Nilai kehidupan dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Nilai agama atau religi. Nilai ini berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan atau agama yang dianutnya.
  2. Nilai moral. Nilai ini berkaitan dengan akhlak atau budi pekerti manusia.
  3. Nilai budaya. Nilai ini berkaitan dengan kebudayaan yang terdapat di sekitar manusia.
  4. Nilai sosial. Nilai ini berkaitan dengan hubungan antar manusia serta norma-norma yang terdapat di dalam masyarakat.
  5. Nilai politik. Nilai ini berkaitan dengan politis.

Apabila kita cermati penggalan teks tersebut, nilai yang menonjol adalah nilai budaya. Hal ini dikarenakan penggalan cerpen tersebut menceritakan tentang perdebatan antar tokoh mengenai budaya Indonesia yang kuno dan tidak menarik untuk dipelajari. Padahal, budaya adalah salah satu kekayaan Indonesia karena kebudayaan di Indonesia cukup beragam dan unik. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita melestarikan kebudayaan Indonesia tersebut.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Pendek Identifikasi Unsur Cerita Pendek KD3.5
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.129 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini