Bank Soal IPA SMP Bunyi

Soal

Pilihan Ganda

Sekelompok tentara berbaris teratur dan melangkah serempak di atas jembatan Broughton di Inggris di tanggal 12 April 1831. Jembatan tersebut roboh saat dilintasi, hingga puluhan tentara tersebut terjatuh ke dalam sungai di bawahnya. Menurut analisa, salah satu penyebab utama jembatan tersebut roboh adalah hentakan kaki tentara. Peristiwa ini dapat diamati sebagai gejala fisika. Gejala fisika yang menyebabkan peristiwa robohnya jembatan Broughton adalah ....

A

pemantulan bunyi

B

penyerapan bunyi

C

resonansi

D

frekuensi

Pembahasan:

Struktur bangunan seperti jembatan, gedung dan rumah memiliki frekuensi alami. Pada kasus ini, jembatan Broughton dapat roboh karena hentakan kaki tentara yang berbaris memiliki frekuensi yang sama dengan frekuensi alami dari jembatan. Jika kamu pernah mendengar nyanyian bernada tinggi dapat memecahkan kaca, maka konsep ini mirip adanya.

Karena fenomena frekuensi yang sama ini, getaran yang ditimbulkan hentakan kaki tentara menjadi semakin kuat sehingga mengguncang struktur jembatan dan menyebabkan baut-bautnya patah dan jembatan jatuh ke sungai. Peristiwa ini disebut dengan resonansi.

K13 Kelas VIII IPA Fisika Getaran, Gelombang dan Bunyi Bunyi Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
25 Januari 2021
Kecepatan Gelombang Bunyi
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal