Bank Soal IPA SMP Transformasi Energi dalam Sel

Soal

Pilihan Ganda

Metabolisme diklasifikasikan berdasarkan jenis zat yang dibentuk. Pembentukan molekul kompleks dari senyawa organik sederhana disebut ….

A

katabolisme

B

anabolisme

C

mutualisme

D

organismme

Pembahasan:

Anabolisme adalah proses penyusunan beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks. Anabolisme memungkinkan tubuh untuk membangun atau menumbuhkan sel-sel baru dan memelihara jaringan tubuh. Proses ini menggunakan energi yang dihasilkan reaksi katabolisme (dijelaskan berikut ini), dan dipengaruhi oleh berbagai hormon dan enzim untuk membentuk dan memperbaiki sel dan jaringan. Contoh proses anabolisme antara lain adalah pertumbuhan dan pengerasan tulang, serta peningkatan massa otot.


*Katabolisme adalah proses pemecahan molekul-molekul besar dan kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, kebanyakan diubah menjadi energi. Bentuk sederhana ini kemudian akan menjadi bahan bakar untuk terjadinya reaksi anabolisme. Salah satu contoh proses katabolisme adalah makanan yang sudah dikonsumsi dan masuk ke organ pencernaan akan dipecah oleh enzim yang ada di dalam sistem pencernaan kita. Melalui reaksi katabolisme, zat makanan seperti misalnya protein dipecah menjadi asam amino. Asam amino ini bisa digunakan sebagai sumber energi ketika tubuh membutuhkannya.

K13 Kelas VII IPA Fisika Energi Transformasi Energi dalam Sel Skor 1
Mengetahui LOTS
Video
07 September 2020
Transformasi Energi dalam Sel
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal