Salah satu unsur kebahasaan dalam cerita inspiratif adalah menggunakan majas perumpamaan. Yang dimaksud dengan majas perumpamaan adalah ....

A

majas yang mengulang kata atau kalimat untuk maksud tertentu, yang bertujuan memberikan penekanan pada kata tertentu

B

majas yang membandingkan sesuatu secara tidak langsung sehingga menggunakan kata-kata perbandingan, seperti bagaikan, seperti, serupa

C

majas yang menggunakan sifat benda untuk membandingkan atau menggambarkan sifat manusia, agar diperoleh efek keindahan dan keekspresifan

D

majas yang membandingkan atau menggambarkan sesuatu dengan cara melebih-lebihkannya dari fakta sebenarnya

Pembahasan:

Majas perumpamaan adalah majas yang membandingkan sesuatu secara tidak langsung sehingga menggunakan kata perbandingan, contohnya seperti, ibarat, bagaikan, laksana, serupa, dan lain sebagainya.

Jadi, jawaban yang benar adalah

majas yang membandingkan sesuatu secara tidak langsung sehingga menggunakan kata-kata perbandingan, seperti bagaikan, seperti, serupa.

*Majas yang mengulang kata atau kalimat untuk maksud tertentu, yang bertujuan memberikan penekanan pada kata tertentu adalah pengertian dari majas repetisi.

*Majas yang menggunakan sifat benda untuk membandingkan atau menggambarkan sifat manusia, agar diperoleh efek keindahan dan keekspresifan adalah pengertian dari majas personifikasi.

*Majas yang membandingkan atau menggambarkan sesuatu dengan cara melebih-lebihkannya dari fakta sebenarnya adalah pengertian dari majas hiperbola.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif KD3.12
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.531 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini