Baca teks berikut ini dengan cermat.

Bagi sebagian orang, matematika merupakan pelajaran yang sulit. Banyak yang tidak suka dengan pelajaran matematika. (1) Hal tersebut biasanya dialami oleh anak-anak yang menyukai pelajaran ilmu sosial dan anak-anak yang menyukai pelajaran yang mudah. (2) Tetapi hal ini tidak berlaku bagi bocah jenius asal Medan yang bernama Petra Jheremy.

(3) Petra adalah bocah yang mempunyai otak seperti kalkulator. Dilansir dari Youtube Trans7 Official pada acara Hitam Putih, saat ditanya, Petra mengaku telah menyukai matematika dan belajar berhitung cepat sejak usia 6 tahun. (4) Dalam pelajaran yang melibatkan hitung-menghitung, Petra selalu menjadi juara kelas. Kemampuan menghitungnya jauh berada di atas rata-rata anak seusianya.

Dalam kutipan cerita di atas, kalimat yang mengandung majas yaitu ....

A

(1)

B

(4)

C

(2)

D

(3)

Pembahasan:

Majas penggunaan gaya bahasa untuk memperoleh efek tertentu kepada pembaca. Efek tersebut bisa berupa efek keindahan, keekspresifan, dan lain-lain.

Dalam kutipan cerita di atas, kalimat yang mengandung majas adalah kalimat ketiga, yaitu

Petra adalah bocah yang mempunyai otak seperti kalkulator. Majas dalam kalimat tersebut adalah majas perumpamaan, yang ditandai dengan adanya kata hubung seperti untuk membandingkan otak dengan benda kalkulator.

Jadi jawaban yang benar adalah

(3) Petra adalah bocah yang mempunyai otak seperti kalkulator.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif KD3.12
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.528 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini