Bank Soal Bahasa Inggris SMP Expressions of Congratulations

Soal

Pilgan

Read the following letter and answer the question.

Template: canva.com

Which of the following words has synonyms with the words used in paragraph 2?

A

Indifferent.

B

Lifetime.

C

Exceptional.

D

Laughter.

Pembahasan:

Terjemahan dari bacaan dan pertanyaan di atas adalah:

Bacalah surat berikut dan jawablah pertanyaannya!

Los Angeles, 3 Agustus 2019

Selamat ulang tahun untukmu. Aku sangat senang bahwa kamu akan menyelesaikan tahun ke-18 hidupmu (maksudnya memasuki usia 18 tahun). Kita sudah saling kenal sejak lama, dan aku tahu apa yang harus kamu rasakan untuk melangkah maju ke fase baru dalam hidupmu.

Ini adalah waktu yang kita tunggu-tunggu. Ya, menyelesaikan sekolah dan masuk ke perguruan tinggi. Saat kamu melangkah di tahun yang luar biasa dalam hidupmu, aku sama bersemangatnya denganmu karena kita berdua memiliki begitu banyak hal untuk dilakukan, dijelajahi, dan dinikmati.

Aku harap kamu tidak pernah berhenti menikmati hal-hal kecil dalam hidup karena itulah yang membuat hidup ini layak dijalani. Aku harap kamu meluangkan waktu untuk menikmati waktumu saat ini sambil mempersiapkan untuk masa depan yang lebih baik. Aku harap tahunmu penuh dengan kenangan, kebahagiaan, dan petualangan.

Dan, sebelum aku mengakhiri suratku, aku hanya ingin mengatakan bahwa aku menyayangimu temanku. Terima kasih telah menjadi sahabatku selamanya. Mari kita bersiap untuk menjelajah lebih banyak tahun bersama-sama.

Nicky

Manakah dari kata-kata berikut yang memiliki sinonim dengan kata-kata yang digunakan dalam paragraf 2?

Terjemahan dari pilihan jawaban di atas adalah:

  • indifferent — masa bodoh
  • lifetime — seumur hidup
  • exceptional — luar biasa
  • laughter — tawa

Soal ini menanyakan tentang informasi yang sesuai yang terdapat pada paragraf 2. Pada paragraf tiga, penulis menceritakan bahwa dia dan sahabatnya sudah lulus dari sekolah dan akan masuk ke perguruan tinggi. Pada soal ini kita diminta untuk mencocokkan antara pilihan jawaban yang diberikan apakah ada kata yang bermakna sama dengan kata-kata yang digunakan pada paragraf. Untuk itu, mari kita analisis pilihan jawaban yang diberikan satu per satu.

  • indifferent Salah. Kata ini bermakna "masa bodoh" dan justru berkebalikan dengan kata "excited" yang terdapat pada pada paragraf kedua "I am as excited" yang bermakna aku sama gembiranya.
  • lifetime Salah. Kata ini bermakna "seumur hidup" dan sinonimnya dapat ditemukan pada paragraf terakhir yang menyebutkan kata "forever" yang bermakna selamanya.
  • exceptional Benar. Kata ini bermakna "luar biasa" dan mempunyai sinonim yaitu "remarkable" yang terdapat pada paragraf kedua "as you step in a remarkable year of your life" yang bermakna ketika kamu melangkah pada tahun yang luar biasa dalam hidupmu. 
  • laughter Salah. Kata ini bermakna "gelak tawa" dan tidak mempunyai sinonim kata apapun pada paragraf di atas.

Berdasarkan penjelasan ini, maka jawaban yang benar adalah "exceptional".

K13 Kelas IX Bahasa Inggris Bahasa Inggris Appreciation over achievements or happiness Expressions of Congratulations Skor 3
Expressions of Congratulating LOTS Mengaplikasikan
Video
27 Oktober 2020
Expressions of Congratulations | Bahasa Inggris | Kelas IX
Rangkuman
14 Oktober 2020
Bab 2 | Singular & Plural Nouns | Bahasa Inggris | Kelas 7

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal