Bank Soal Kimia SMA

Soal

Pilgan

(Sumber Gambar: http://chemed.chem.purdue.edu/)

Penelitian Goldstein menggunakan alat tabung serupa dengan tabung crookes. Ada dua sinar yang ditemukan Goldsten dari penelitiannya. Sinar katode elektron bergerak ke anode, terdapat sinar yang bergerak ke katode dan sebagian masuk ke sinar saluran, serta Goldstein menemukan sinar saluran positif yang sebesar elektron dengan tanda berlawanan. Massa jenis partikel yang ditemukan Goldstein adalah ....

A

1,68 x 10-24 gram

B

1,67 x 10-23 gram

C

1,67 x 10-24 gram

D

9,1 x 10-28 gram

E

1,6750 x 10-24 gram

Pembahasan:

Goldstein melakukan percobaan menggunakan alat tabung yang menyerupai tabung crookes. Goldstein menemukan adanya dua sinar dari percobaannya. Sinar katode elektron yang bergerak ke anodenya. Sinar lainnya bergerak ke katode dan sebagian masuk ke sebuah saluran yang disebut dengan sinar saluran.

Hasil percobaannya menemukan adanya sinar positif dari sinar saluran yang bermuatan positif. Sinar ini bermuatan sama dengan elektron dengan tanda berlawanan. Partikel ini adalah proton. Massa partikel proton adalah 1,67 x 10-24 gram, elektron sebesar 1,6750 x 10-24 gram dan neutron mempunyai massa partikel 9,1 x 10-28 gram.

K13 Kelas X Kimia Atom dan Sistem Periodik Unsur Teori, Struktur, dan Model Atom Skor 1
LOTS

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal