Latihan Biologi Kelas X Ruang Lingkup Biologi
# 5
Pilgan

Populasi tikus di sawah dapat terpengaruh oleh populasi ular. Hal ini menunjukkan permasalahan biologi pada tingkat ....

A

individu

B

populasi

C

komunitas

D

ekosistem

E

bioma

Pembahasan:

Permasalahan biologi mencakup semua tingkat kehidupan mulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme atau individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Salah satunya pada tingkat komunitas. Komunitas adalah interaksi antar populasi di suatu lingkungan tertentu. Contohnya adalah populasi tikus di sawah dapat terpengaruh oleh populasi ular karena ular akan memakan tikus sawah, sehingga populasi tikus bergantung pada populasi ular.

Jadi, populasi tikus di sawah dapat terpengaruh oleh populasi ular merupakan permasalahan biologi pada tingkat komunitas.


*Individu adalah interaksi antar sistem organ yang membentuk satu tubuh makhluk hidup. Contoh seorang manusia. Permasalahan biologi pada tingkat individu misalnya seorang penderita AIDS yang mengalami gangguan sistem imun.

*Populasi adalah interaksi antar individu sejenis di suatu lingkungan tertentu. Permasalahan biologi pada tingkat populasi misalnya penyebaran COVID-19 dari satu orang ke orang lainnya.

*Ekosistem adalah interaksi antar komunitas dan antara komunitas dengan lingkungan abiotiknya. Permalasahan biologi pada tingkat ekosistem misalnya penggundulan hutan yang berdampak pada kehidupan satwa liar.

*Bioma adalah interaksi antar ekosistem yang meliputi wilayah yang luas. Permasalahan biologi pada tingkat bioma misalnya dampak kebakaran hutan hujan tropis.