Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Buku Fiksi dan Nonfiksi
# 10
Pilgan

Cermati kutipan buku nonfiksi berikut!

(Sumber gambar: SirapLimau)

Tingkat autisme di Indonesia mengalami pertambahan dari sumber data yang ada. Walaupun belum ada data nasional, Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan mencatat sekitar 15 persen dari 6.600 anak mengalami autisme dalam kurun waktu tiga bulan. Sedangkan menurut Dokter Rudy, merujuk pada Incidence dan Prevalence ASD (Autism Spectrum Disorder), penyandang ASD di Indonesia mencapai 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru 500 orang/tahun.

Data tersebut merupakan dampak dari pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai autisme yang masih minim. Banyak orang menyalah artikan bahwa autisme adalah penyakit menular padahal hal ini salah. Autisme adalah suatu gangguan perkembangan pada anak yang terjadi di bawah umur tiga tahun. Gangguan perkembangan tersebut meliputi gangguan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi sosial, hingga kemampuan berperilaku.

Gejala maupun penyebab autisme bisa disebabkan oleh banyak faktor yang sangat kompleks. Gejala dan tingkat keparahannya bervariasi pada tiap penderitanya. Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua untuk mewaspadai gejala atau ciri-ciri autisme sejak dini. Walaupun autisme tidak bisa disembuhkan, terdapat berbagai metode untuk penanganan penderita yang bertujuan agar penderita dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Ringkasan yang tepat dari kutipan buku di atas adalah ...

A

Menurut Dokter Rudy, merujuk pada Incidence dan Prevalence ASD (Autism Spectrum Disorder), penyandang ASD di Indonesia mencapai 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru 500 orang/tahun. Walaupun gejala autisme sangat kompleks, mengetahui gejala autisme sedini mungkin dibutuhkan agar penderita autisme mendapatkan metode perawatan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari.

B

Peningkatan penderita autisme di Indonesia merupakan dampak dari pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap autisme yang masih kecil. Gejala dan tingkat keparahan autisme bervariasi pada tiap penderitanya.

C

Penyandang ASD di Indonesia mencapai 2,4 juta orang. Hal ini merupakan peningkatan akibat minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai autisme. Autisme adalah gangguan perkembangan anak di bawah umur tiga tahun.

D

Peningkatan penderita autisme di Indonesia merupakan dampak dari pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap autisme yang masih kecil. Walaupun gejala autisme sangat kompleks, mengetahui gejala autisme sedini mungkin dibutuhkan agar penderita autisme mendapatkan metode perawatan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10