Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Buku Fiksi dan Nonfiksi
# 9
Pilgan

Cermati kutipan berikut!

Di masa pandemi seperti ini, tidak jarang kita terhalang apabila ingin menghadiri sebuah seminar atau sejenisnya. Akan tetapi, semakin sering terdengar istilah webinar. Apa itu webinar? Webinar merupakan format acara yang berlangsung secara online dan dihadiri secara online juga, jadi kita sebagai peserta maupun penyelenggara tidak perlu berada dalam satu ruangan yang sama untuk mengikuti format acara tersebut. Format yang dimaksud bisa berupa talkshow, seminar, diskusi, hingga workshop. Banyak platform-platform yang menyediakan fasilitas untuk mengadakan webinar tersebut.

Selain penyelenggara yang lebih mudah dalam merealisasikan acara, ternyata terdapat manfaat lain yang dapat diperoleh dari penerapan webinar ini, salah satunya adalah lebih banyak menjaring saran dan umpan balik. Pada umumnya, platform yang menyediakan fasilitas untuk melakukan webinar juga dilengkapi dengan fitur interaktif seperti kolom chat, poll, survei, hingga tes sehingga pihak penyelenggara bisa langsung mengetahui apa yang diinginkan audiens atau pesertanya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Kesimpulan yang tepat dari kutipan buku tersebut adalah ...

A

Menggunakan webinar sebagai media untuk mengadakan suatu acara harus ditinjau ulang dari segi keamanannya karena beberapa platform masih belum jelas tentang proteksi maupun keamanan platform mereka. Selebihnya, pengadaan webinar dapat menunjang produktivitas masyarakat meski hanya dari rumah.

B

Webinar dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengadakan sebuah acara di masa pandemi dengan keuntungan yang banyak baik untuk pihak penyelenggara maupun pihak pesertanya.

C

Penggagas adanya webinar ini sangatlah jenius. Pemikirannya sangat luar biasa dan dengan manfaat yang banyak dapat dipastikan bahwa dalam beberapa bulan, penggunaan webinar akan menggantikan seminar-seminar konvensional.

D

Webinar merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh pihak penyelenggara. Salah satu keuntungan yang didapatkan pihak penyelenggara adalah pihak penyelenggara dapat lebih leluasa berinteraksi dengan peserta webinar. Namun, alangkah lebih baik jika seminar konvensional yang mengharuskan peserta dan pihak penyelenggaranya bertemu tidak dimusnahkan.