Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Teks Wawancara
# 9
Pilgan

Cermati teks wawancara berikut!

Pewawancara: Bagaimana saran Ibu mengenai makanan sehat dan cara terbaik untuk mengonsumsi makanan?

Ahli gizi: Cara yang paling utama dan terbaik dalam mengonsumsi makanan adalah dengan menambah asupan protein. Hal ini dikarenakan protein berperan sebagai salah satu fondasi utama tubuh untuk membentuk otot, hormon, dan hampir semua sel serta jaringan pada sistem organ tubuh. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga bisa berfungsi sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Pewawancara: Lalu, berapa kira-kira kebutuhan harian akan protein yang direkomendasikan oleh Ibu?

Ahli gizi: Kebutuhan harian protein berbeda-beda antara anak perempuan dan laki-laki. Untuk anak laki-laki berusia 10 sampai 12 tahun, kebutuhan proteinnya minimal adalah 56 gram per hari, sedangkan untuk anak perempuan dengan rentang usia yang sama minimal adalah 60 gram per hari.

Pewawancara: Apakah ada faktor-faktor lain yang menentukan jumlah kebutuhan minimal protein setiap anak?

Ahli gizi: Tentu ada. Kebutuhan protein minimal masing-masing anak dapat dipengaruhi usia, jenis kelamin, hingga aktivitas harian anak.

(Sumber: hellosehat.com, alodokter.com)

Brigitta adalah seorang anak perempuan berusia 10 tahun. Ibunya menghitung jumlah protein yang dikonsumsi Brigitta pada suatu hari dan menemukan bahwa jumlah protein yang dikonsumsi Brigitta adalah 68 gram per hari. Apakah jumlah protein yang dikonsumsi Brigitta tersebut sesuai dengan umur dan jenis kelamin Brigitta? Sebutkan alasannya!

A

Tidak, karena angka tersebut masih kurang dari jumlah kebutuhan minimal protein yang dianjurkan untuk anak perempuan seusia Brigitta.

B

Ya, karena Brigitta tidak memiliki kegiatan apapun selain makan sehingga angka tersebut sesuai dengan kondisi yang dialami Brigitta.

C

Tidak, karena jumlah protein yang dikonsumsi Brigitta tersebut tidak pas dengan kebutuhan protein harian yang dianjurkan.

D

Ya, karena jumlah kebutuhan minimal protein yang seharusnya dikonsumsi anak perempuan seusia Brigitta adalah 60 gram per hari.

Pembahasan:

Apabila kita cermati kasus tersebut, Brigitta adalah anak perempuan berusia 10 tahun. Mari kita cermati bagian berikut untuk mengetahui jumlah protein minimal yang harus dikonsumsi oleh anak perempuan seusia Brigitta.

Ahli gizi: Kebutuhan harian protein berbeda-beda antara anak perempuan dan laki-laki. Untuk anak laki-laki berusia 10 sampai 12 tahun, kebutuhan proteinnya minimal adalah 56 gram per hari, sedangkan untuk anak perempuan dengan rentang usia yang sama minimal adalah 60 gram per hari.

Kalimat yang dicetak tebal tersebut menunjukkan bahwa anak perempuan seusia Brigitta seharusnya mengonsumsi minimal 60 gram protein per hari. Sehubungan dengan hal tersebut, Brigitta sudah mengonsumsi jumlah protein yang cukup karena jumlah kebutuhan minimal protein yang seharusnya dikonsumsi anak perempuan seusia Brigitta adalah 60 gram per hari.