Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Teks Wawancara
# 5
Pilgan

Cermati teks wawancara berikut!

(Sumber gambar: freepik.com)

Pewawancara: Bapak Riski, saya hendak mengonfirmasi bahwa terdapat data yang menunjukkan jumlah pengguna masker di Indonesia yang masih belum 100%. Apakah data tersebut benar?

Narasumber: Benar sekali, Dik. Masih terdapat 20% masyarakat Indonesia yang belum patuh menggunakan masker.

Pewawancara: Bagaimana tanggapan Bapak mengenai hal tersebut?

Narasumber: Saya selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan menyayangkan sikap penduduk Indonesia yang masih belum mematuhi protokol kesehatan tersebut. Menurut saya, populasi 20% masyarakat yang belum patuh menggunakan masker ini memiliki potensi menjadi penular virus corona. Apalagi saat ini mobilitas orang-orang cukup tinggi.

Pewawancara: Lalu apa yang akan Bapak lakukan mengenai fenomena sosial yang memprihatinkan ini?

Narasumber: Saat ini, kami dari pemerintah memiliki strategi khusus untuk mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat dengan harapan nantinya masyarakat menjadikan hal tersebut sebuah kesadaran untuk selalu mengenakannya.

(Dikutip dari gaya.tempo.co, dengan penyesuaian)

Berdasarkan teks wawancara tersebut, berapa persen masyarakat Indonesia yang sudah patuh menggunakan masker?

A

80%

B

20%

C

60%

D

100%

Pembahasan:

Untuk mengetahui jumlah masyarakat Indonesia yang sudah patuh menggunakan masker, kita dapat mengamati bagian teks wawancara berikut.

Narasumber: Benar sekali, Dik. Masih terdapat 20% masyarakat Indonesia yang belum patuh menggunakan masker.

Dari perkataan narasumber tersebut, terdapat 20% masyarakat yang belum mematuhi imbauan untuk menggunakan masker. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia yang sudah patuh menggunakan masker adalah sebesar 80%.