Latihan Bahasa Inggris Kelas VII Animals
# 7
Pilgan

Read the following text and answer the question.

Polar bears are found in the frozen wilds of the Arctic, in Canada, Alaska (US), Greenland, Russia, and Norway. These are seriously big bears, gang. Adult polar bears can measure over 2.5 m long and weigh around 680 kg. Their huge size and weight make them the largest living carnivores (meat-eaters) on Earth. 

Polar bears are distinctly different from other bears. They communicate through body language, vocalizations, and scent markings. Here are some ways how polar bears communicate with other bears.

  1. Head wagging from side to side: A sign that polar bears want to play. Adult bears initiate play—which is actually ritualized fighting or mock battling—by standing on their hind legs, chin lowered to their chests, with front paws hanging by their sides.
  2. Nose-to-nose greetings: How a bear asks another bear for something, such as food. The guest bear will approach slowly, circle around a carcass, then meekly touch the feeding bear's nose.
  3. Chuffing: A vocal response to stress, often heard when a mother bear is worried for her cubs' safety.
  4. Rushing: When a male approaches a female with cubs, she rushes toward him with her head lowered.

Sadly, these incredible creatures are classified as “vulnerable”. The biggest threat to polar bears is climate change. 

Source: polarbearsinternational.org and natgeokids.com

Here are the following activities that we can do to help polar bears from the biggest threat, except ....

A

using a non CFC refrigerator

B

using energy-efficient appliances and equipment

C

living a more eco-friendly lifestyle

D

burning fossil fuels

Pembahasan:

Berikut ini terjemahan dari teks dan soal di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaannya!

Beruang kutub ditemukan di belantara kutub utara yang beku, seperti Kanada, Alaska (Amerika), Greenland, Rusia, dan Norwegia. Ini merupakan kelompok beruang besar. Beruang kutub dewasa panjangnya dapat berukuran lebih dari 2,5 m dan beratnya sekitar 680 kg. Ukuran dan beratnya yang sangat besar menjadikan mereka karnivora (pemakan daging) hidup terbesar di bumi.

Beruang kutub sangat berbeda dari beruang lain. Mereka berkomunikasi melalui bahasa tubuh, vokalisasi, dan tanda aroma. Berikut adalah beberapa cara bagaimana beruang kutub berkomunikasi dengan beruang lainnya.

  1. Kepala mengibas dari samping ke samping: Tanda bahwa beruang kutub ingin bermain. Beruang dewasa memulai permainan — yang sebenarnya merupakan ritual pertarungan atau pertempuran tiruan — dengan berdiri menggunakan kaki belakang mereka, dagu diturunkan ke dada mereka, dengan cakar depan tergantung di sisi mereka.
  2. Sapaan dari hidung ke hidung: Bagaimana seekor beruang meminta sesuatu kepada beruang lainnya seperti makanan. Beruang tamu akan mendekat perlahan, melingkari bangkai, lalu dengan lembut menyentuh hidung beruang yang memberi makan.
  3. Chuffing: Respons vokal terhadap stres, sering terdengar ketika ibu mengkhawatirkan keselamatan anaknya.
  4. Bergegas: Ketika seorang pria mendekati wanita dengan anaknya, dia bergegas ke arahnya dengan kepala menunduk.

Sayangnya, makhluk luar biasa ini diklasifikasikan sebagai "hewan yang rentan punah". Ancaman terbesar bagi beruang kutub adalah perubahan iklim.

Di bawah ini adalah aktivitas-aktivitas yang bisa kita lakukan untuk membantu beruang kutub dari ancaman paling besar, kecuali ....

Di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban di atas.

  • using a non CFC refrigerator - menggunakan kulkas non CFC
  • using energy-efficient appliances and equipment - menggunakan peralatan hemat energi
  • living a more eco-friendly lifestyle - menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan
  • burning fossil fuels - membakar bahan bakar fosil

Ancaman terbesar bagi beruang kutub adalah perubahan ikllim. Hal tersebut dapat kita temukan pada paragraf terakhir. Perubahan iklim dapat mengancam keberadaan beruang kutub terutama hilangnya tempat mereka tinggal (melelehnya es yang merupakan tempat hidup mereka). Beberapa penyebab terjadinya perubahan iklim adalah "efek gas rumah kaca, pemanasan global, kerusakan lapisan ozon, kerusakan fungsi hutan, penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol, serta gas buang industri". Merujuk pada penyebab perubahan iklim tersebut, kegiatan yang paling tidak membantu beruang kutub adalah membakar bahan bakar fosil. Kegiatan tersebut justru akan meningkatkan emisi gas buangan seperti karbon dioksida dan gas efek rumah kaca lainnya yang akan meningkatkan pemanasan global dan membuat es yang terdapat pada kutub mencair perlahan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "burning fossil fuels".