Latihan Bahasa Inggris Kelas VII Animals
# 3
Pilgan

Read the following text and answer the question.


The following statements show how male ostriches attract mates, except ...

A

They sway their head and neck from side to side.

B

They shake their wings and tails.

C

They dance and show impressive moves to the females.

D

They eat plants and live in groups.

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari teks dan pertanyaan di atas.

Pernyataan-pernyataan berikut ini menunjukkan bagaimana cara burung-burung unta jantan menarik pasangannya/lawannya (para betina), kecuali ...

Sedangkan, di bawah ini adalah terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

  • They sway their head and neck from side to side. - Mereka mengayunkan kepala dan lehernya dari sisi ke sisi.
  • They shake their wings and tails. - Mereka mengguncangkan sayap dan ekornya.
  • They dance and show impressive moves to the females. - Mereka menari dan menunjukkan gerakan yang mengesankan kepada para betina.
  • They eat plants and live in groups. - Mereka makan tanaman dan tinggal dalam kelompok-kelompok.

Soal di atas meminta kita untuk menemukan pernyataan yang salah berdasarkan pernyataan yang terdapat pada teks. Jika kita menemukan jenis soal seperti di atas, maka kita langsung saja melihat pada pernyataan yang tertulis pada pilihan jawaban kemudian kita cocokkan dengan pernyataan yang terdapat pada teks. Jika pernyataan tersebut sesuai dengan yang terdapat pada teks maka pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang benar. Oleh karena itu untuk dapat menjawab soal di atas, mari kita analisis setiap pilihan jawaban berikut.

  • Pilihan jawaban ini "They sway their head and neck from side to side" benar karena pernyataan ini terdapat pada kalimat terakhir pada paragraf tersebut. Kalimat tersebut adalah "His impressive moves include dropping to the ground, shaking his wings and tail, and swaying his head and neck from side to side".
  • Pilihan jawaban ini "They shake their wings and tails" benar karena pernyataan ini terdapat pada kalimat terakhir pada paragraf tersebut. Kalimat tersebut adalah "His impressive moves include dropping to the ground, shaking his wings and tail, and swaying his head and neck from side to side".
  • Pilihan jawaban ini "They dance and show impressive moves to the females" benar karena pernyataan ini terdapat pada kalimat dua kalimat terakhir dan kalimat terakhir pada paragraf tersebut. Kalimat tersebut adalah "During breeding season, the alpha male makes a nest in the ground and attempts to attract females by dancing. His impressive moves include dropping to the ground, shaking his wings and tail, and swaying his head and neck from side to side".
  • Pilihan jawaban ini "They eat plants and live in groups" salah karena meskipun pernyataan tersebut terdapat dalam teks kalimat kelima namun pernyataan tersebut bukan merupakan pernyataan yang menunjukkan bagaimana para burung unta jantan menarik perhatian para burung unta betina.

Jadi, pernyataan yang salah yang menunjukkan bagaimana cara burung-burung unta jantan menarik pasangannya/ para burung unta betina adalah "They eat plants and live in groups".