Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Ulasan Buku Sastra
# 8
Pilgan

Ulasan Buku Matilda Karya Roald Dahl

Matilda merupakan seorang anak yang sangat genius dan perasa. Sebelum berusia lima tahun, ia sudah membaca karya-karya penulis besar, seperti Hemingway, George Orwell, Charles Dickens, dan Jane Austin. Namun, orang tuanya hanya menganggapnya seperti ketombe yang menjengkelkan. Matilda terlambat memulai sekolahnya, tertinggal dari teman-teman seumurannya. Di sekolahnya, ia bertemu dengan guru muda yang baik dan cantik bernama Miss Honey. Ia juga bertemu dengan kepala sekolah yang menyebalkan, kejam, dan galak bernama Miss Trunchbull.

Sampul buku Matilda karya Roald Dahl

Buku ini masuk dalam buku cerita anak terbaik. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa dan memenangkan Children's Book Award. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi menarik karya Quentin Blake.

Buku ini menceritakan seorang anak usia lima tahun yang genius, yang pengetahuan dan kecerdasannya melampaui anak seusianya. Tokoh dalam buku ini digambarkan mempunyai sikap kritis. Tokoh dalam buku ini banyak mengkritik sikap orang dewasa yang tidak peka terhadap anak-anak. Selain itu, tokoh dalam buku ini juga mengkritik teman sebayanya yang curang dan bodoh.

Buku ini baik untuk dibaca anak-anak karena berkisah tentang kehidupan seorang anak di lingkungan keluarga dan sekolah. Selain itu, tokoh utama dalam buku ini mempunyai hobi membaca, yang bisa menginspirasi anak-anak untuk gemar membaca.

Berdasarkan ulasan di atas, tokoh Miss Trunchbull mempunyai sifat ....

A

galak

B

baik

C

sabar

D

humoris

Pembahasan:

Isi teks yang menceritakan Miss Trunchbull terdapat pada kutipan kalimat berikut.

Ia juga bertemu dengan kepala sekolah yang menyebalkan, kejam, dan galak bernama Miss Trunchbull.

Jadi, tokoh Miss Trunchbull mempunyai sifat galak.