Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Ulasan Buku Sastra
# 7
Pilgan

Ulasan Buku The BFG Karya Roald Dahl

Suatu malam, Sophie diculik raksasa. Tadinya, ia mengira akan ditelan bulat-bulat, tetapi ternyata raksasa itu malah melindunginya.

BFG, demikian nama si raksasa, memberitahu Sophie bahwa dialah yang meramu mimpi-mimpi, lantas dengan terompet meniupkannya ke dalam kamar anak-anak yang terlelap.

Sayang ketenteraman mereka tidak bisa berlangsung lama karena Sophie dan BFG harus memutar otak untuk membuyarkan rencana raksasa-raksasa lain yang ingin memakan anak di berbagai penjuru negeri.

Sampul buku The BFG karya Roald Dahl

Buku ini menceritakan kisah seorang anak bernama Sophie yang tinggal di panti asuhan. Buku ini menyajikan cerita fantasi pertemuan Sophie dengan raksasa bernama BFG.

Buku ini menghadirkan cerita yang seru, menghibur, dan menegangkan. Kisah menegangkan dalam buku ini berupa cerita misi Sophie dan BFG untuk menghentikan raksasa lain yang memangsa anak-anak. Hanya BFG lah raksasa baik, sedangkan raksasa lain setiap malam berkeliling negeri untuk memakan anak-anak.

Buku ini sangat baik untuk dibaca anak-anak karena ceritanya mudah dipahami dan menghibur. Selain itu, buku ini juga mengajarkan sikap kepahlawanan dan keberanian lewat sikap yang dimiliki tokoh cerita.

Berdasarkan ulasan di atas, jenis cerita dalam buku tersebut adalah ....

A

fantasi

B

kisah nyata

C

berita

D

kisah perjalanan

Pembahasan:

Isi teks yang menyampaikan jenis cerita dalam buku The BFG terdapat pada kalimat berikut.

Buku ini menyajikan cerita fantasi pertemuan Sophie dengan raksasa bernama BFG.

Jadi, jenis cerita dalam buku tersebut adalah fantasi.