Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Ulasan Buku Sastra
# 6
Pilgan

Ulasan Buku Petualangan Tom Sawyer Karya Mark Twain

Tom yang dimarahi oleh Becky merasa patah hati. Lalu, temannya yang bernama Joe berkata, "Baik di rumah maupun di sekolah aku sudah tidak diperlukan. Tom, kita melarikan diri saja, yuk!" Tom dan Joe kemudian mengajak Huck, mereka bermaksud hidup di sebuah pulau di tengah-tengah sungai. "Yahooo! Kalau begini, kita seperti bajak laut, ya! Kita tak perlu pergi ke sekolah." Ketiganya menyeberangi sungai dengan rakit yang dibuatnya, dan mereka seharian bermain. Ketika mulai lapar, mereka pun makan telur goreng dan apel.

Sampul buku Petualangan Tom Sawyer karya Mark Twain, diterbitkan oleh KPG

Buku ini bercerita tentang petualangan Tom Sawyer, remaja yatim piatu yang tinggal bersama bibinya, Bibi Polly. Tom adalah anak nakal yang suka membuat bibinya marah. Selain itu, Tom juga suka menipu temannya. Pernah suatu kali Tom dihukum bibinya disuruh mengecat tembok. Tom kemudian menipu temannya, ia mengatakan bahwa pekerjaan mengecat itu keren dan asyik. Ia menghasut temannya untuk mencoba pekerjaan tersebut dengan syarat temannya harus memberi barang mereka kepada Tom. Akhirnya, banyak temannya yang mencoba mengecat tembok sehingga hukuman Tom tuntas.

Namun, Tom juga dikisahkan sebagai anak yang malang. Ia sering dikecewakan oleh banyak orang. Perlakuan itu membuatnya memutuskan untuk kabur. Tom mengajak kabur dua temannya pergi dari kampung.

Buku ini sangat perlu untuk dibaca anak-anak karena berisi kisah petualangan seru. Tokoh dalam cerita ini menggambarkan sosok pemberani dan cerdas. Selain itu, cerita ini juga menyajikan masalah-masalah yang biasa ditemui oleh anak-anak. Masalah di lingkungan keluarga dan sekolah yang tentunya bisa menjadi pelajaran.

Berdasarkan ulasan di atas, cara Tom menyelesaikan hukuman mengecat tembok adalah dengan ....

A

membayar tukang bangunan

B

meminta tolong kepada temannya

C

menghasut teman-temannya untuk mencoba pekerjaannya

D

menyiram tembok dengan cat dalam ember

Pembahasan:

Isi ulasan yang menyampaikan cara Tom menyelesaikan hukuman mengecat tembok terdapat pada bagian berikut.

Ia menghasut temannya untuk mencoba pekerjaan tersebut dengan syarat temannya harus memberi barang mereka kepada Tom. Akhirnya, banyak temannya yang mencoba mengecat tembok sehingga hukuman Tom tuntas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah menghasut teman-temannya untuk mencoba pekerjaanya.