Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Puisi Rakyat
# 9
Pilgan

Perhatikan syair berikut ini!

Berdiam diri tak ada guna

Menangis saja tiada artinya

Bangunlah dari kubangan duka

Dan kembalilah tumbuhkan asa

(Sumber: dosenbahasa.com)

Struktur batin berupa suasana yang tergambar di dalam syair tersebut adalah ....

A

terharu

B

marah

C

menggebu-gebu

D

bahagia

Pembahasan:

Struktur batin merupakan salah satu struktur pembangun puisi lama dan tidak nampak secara langsung seperti struktur fisik. Yang termasuk kategori struktur batin tersebut adalah tema, nada, suasana, amanat hingga rasa.

Di soal ditanyakan mengenai suasana yang terdapat di dalam syair tersebut. Suasana yang tercipta dari syair tersebut dapat berupa perasaan maupun emosi dari penyair. Untuk mengetahui suasana yang terdapat dalam syair tersebut, kita harus mengetahui isi dari syair itu.

Isi syair tersebut adalah memberitahu kita bahwa apabila kita sedang berduka, berdiam dan menangis tidak akan ada gunannya. Melainkan, kita harus segera bangun dan kembali memulai aktivitas kita, kembali menumbuhkan harapan yang diibaratkan dalam syair tersebut tumbuhkan asa.

Dari isi tersebut, dapat diketahui bahwa penyair mencoba menggugah semangat kita. Ada kobaran semangat menggebu yang penulis coba salurkan melalui perintah bangunlah dari kubangan duka.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa suasana yang tergambar dalam syair tersebut adalah menggebu-gebu. Menggebu-gebu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti berkobar-kobar; menyala-nyala (tentang semangat dan sebagainya).