Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Teks Persuasi
# 9
Pilgan

Cermati teks berikut!

Pendidikan adalah kebutuhan yang penting. Pendidikan merupakan salah satu bekal yang dapat membantu kita mewujudkan cita-cita. Terlebih lagi, di zaman sekarang ini, latar belakang pendidikan menjadi syarat utama untuk mencari pekerjaan. Bahkan, hampir semua pekerjaan saat ini mensyaratkan pendidikan minimal pelamar kerja adalah jenjang SMA/SMK.

(Sumber: nasamedia.com)

Kalimat penutup yang tepat untuk teks persuasif di atas adalah ...

A

Mari, kita biasakan wajib belajar dua belas tahun sejak dini!

B

Ayo, kita berangkat ke sekolah untuk masa depan yang lebih indah.

C

Belajar dua belas tahun merupakan kewajiban. Ayo, kita lakukan mulai sekarang.

D

Ayo, kita tuntaskan pendidikan wajib dua belas tahun untuk masa depan yang lebih baik.

Pembahasan:

Paragraf di atas membahas pendidikan sebagai bekal penting untuk menghadapi tantangan zaman dan meraih cita-cita. Untuk itu, paling tidak, pendidikan wajib dua belas tahun harus bisa kita selesaikan. Ini sesuai dengan pernyataan di kalimat terakhir: saat ini pendidikan minimal adalah jenjang SMA/SMK (dua belas tahun pendidikan).

Bagian penutup yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah kalimat yang berisi ajakan untuk menyelesaikan wajib belajar dua belas tahun. Di teks disebutkan kalau pendidikan dapat membantu dalam meraih cita-cita dan mencari pekerjaan setelah lulus. Maka menurut teks, pendidikan penting untuk masa depan kita. Jadi, jawaban yang tepat adalah

Ayo, kita tuntaskan pendidikan wajib dua belas tahun untuk masa depan yang lebih baik.