Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Teks Persuasi
# 5
Pilgan

Baca teks berikut ini dengan cermat.

Pada bulan Maret 2020, media sosial diresahkan dengan sebuah video tindakan perundungan yang dilakukan oleh sekelompok remaja kepada penjual jalangkote. Video tersebut menampilkan seorang anak penjual jalangkote yang mengendarai sepeda diejek dan dipukul oleh seorang remaja sampai terjatuh. Penjual jalangkote tersebut padahal tidak berbuat kesalahan apapun. Pemukul melakukan aksinya tersebut dengan motif ingin menunjukan kekuasaan, mempermalukan, dan mencari hiburan baginya.

Tindakan tersebut kemudian dikecam oleh warganet. Aparat yang berwenang dengan sigap langsung menangkap pelaku perundungan. Banyak aktivis kesehatan mental yang menginginkan tindakan tersebut ditanggapi secara serius dan dibawa sampai ranah pengadilan. Mereka ingin pelaku jera dan menyadari bahwa tindakanya tersebut menyebabkan dampak buruk bagi korban. Tindakan perundungan bisa menyebabkan hilangnya rasa percaya diri dan depresi. Dampak tersebut akan sangat membekas dalam pikiran korban dan dibawa sampai dia tumbuh dewasa.

Maka dari itu, mari kita hentikan tindakan perundungan agar tercipta mental yang sehat di lingkungan kita. Mari kita dukung penindakan secara tegas kepada pelaku perundungan. Mereka yang menjadi korban harus kita beri dukungan agar bisa percaya diri dan berani berekspresi lagi. Dalam kasus ini, yang sangat perlu diperhatikan adalah anak-anak. Para orangtua harus memberikan pengetahuan tentang dampak buruk perundungan kepada anak mereka.

Dengan kesadaran akan bahaya perundungan, kita menjadi lebih toleransi terhadap perbedaan fisik, materi, agama, maupun ras, sehingga kita akan lebih menghargai orang lain. Menghentikan perundungan sama dengan menyelamatkan masa depan anak-anak.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Judul yang tepat untuk teks persuasi di atas adalah ....

A

Hentikan Perundungan!

B

Menumbuhkan Sikap Toleran

C

Tangkap Pelaku Perundungan!

D

Menyemangati Korban Perundungan

Pembahasan:

Judul adalah tulisan singkat yang menggambarkan isi teks. Cara menentukan judul dalam sebuah teks persuasi yaitu mencari bagian-bagian penting dan bagian yang menggambarkan garis besar teks.

Teks persuasi di atas berisi tentang ajakan untuk mencegah atau menghentikan tindakan perundungan karena perundungan menyembakan dampak buruk bagi korban.

Dengan demikian judul yang tepat untuk teks persuasi di atas adalah Hentikan Perundungan!