Latihan Bahasa Inggris Kelas VI Fairytales (Human)
# 8
Pilgan

Read and answer the question.

Cinderella

In a kingdom, there was a maiden named Cinderella. She lived with her stepmother and stepsisters. They always treated her unfair.

One day, a prince of the kingdom invited maidens to his party. Her stepmother asked Cinderella to help her stepsisters prepare all the needs. After they left home, a fairy Godmother appeared in front of Cinderella. The fairy helped her dress with her magic power. The fairy said that the magic power would disappear at the midnight.

When Cinderella arrived in a ballroom, the prince was attracted and asked her to dance with. The midnight almost came that Cinderella ran away. However, she left one of her glass shoes behind. The prince found it and vowed to marry the owner.

Tomorrow morning, the prince went from house to house and he reached Cinderella's house. The prince asked every maiden to wear the shoe. Her stepmother laid that there was no maiden but Cinderella's stepsisters.

Suddenly, Cinderella appeared and tried the shoe. It fit on her foot. Then, the prince invited her to his castle and married her.

Who helped Cinderella prepare to the party?

A

A maiden.

B

A Godmother fairy.

C

A stepmother.

D

A stepsister.

Pembahasan:

Terjemahan dari soal tersebut adalah sebagai berikut.

Cinderella

Di sebuah kerajaan, terdapat seorang gadis bernama Cinderella. Dia tinggal dengan ibu dan saudara perempuan tirinya. Mereka selalu memperlakukannya dengan tidak adil. Suatu hari, seorang pangeran dari kerajaan tersebut mengundang seluruh gadis ke pestanya. Ibu tirinya menyuruh Cinderella untuk menolong saudara perempuan tirinya bersiap-siap segala kebutuhan. Setelah mereka meninggalkan rumah, seorang ibu peri muncul di hadapan Cinderella. Peri itu membantunya berpakaian dengan kekuatan sihirnya. Peri tersebut berkata bahwa kekuatan sihir itu akan hilang di tengah malam. Ketika Cinderella tiba di ruang dansa, pangeran tertarik dan mengajaknya berdansa. Tengah malam hampir datang sehingga Cinderella kabur. Namun, dia meninggalkan salah satu sepatu kacanya. Pangeran menemukannya dan bersumpah untuk menikahi pemiliknya. Keesokan paginya, pangeran pergi dari rumah ke rumah dan dia sampai ke rumah Cinderella. Si pangeran meminta setiap gadis untuk memakai sepatu tersebut. Ibu tirinya berbohong bahwa tidak ada gadis lain selain saudara perempuan tiri Cinderella. Tiba-tiba Cinderella muncul dan mencoba sepatu tersebut. Sepatu itu sesuai dengan kakinya. Kemudian, pangeran mengundangnya ke istananya dan menikahinya.

Siapa yang menolong Cinderella bersiap-siap ke pesta?

Sedangkan, terjemahan pilihan jawaban tersebut adalah:

  • A maiden Seorang gadis
  • A fairy Godmother Seorang ibu peri
  • A stepmother — Seorang ibu tiri
  • A stepsister Seorang saudara perempuan tiri

Soal tersebut meminta kita untuk mencari tahu siapa yang membantu persiapan Cinderella ke pesta. Untuk menemukan jawabannya, mari kita lihat potongan dari cerita tersebut.

  • After they left home, a fairy Godmother appeared in front of Cinderella. The fairy helped her dress with her magic power ⟶ Setelah mereka meninggalkan rumah, seorang ibu peri muncul di hadapan Cinderella. Peri itu menolongnya berpakaian dengan kekuatan sihirnya.

Dari potongan cerita tersebut, kita tahu bahwa yang menolong Cinderella bersiap-siap adalah ibu peri. Maka, jawaban yang benar adalah "A fairy Godmother".