Latihan Bahasa Inggris Kelas VI Fairytales (Human)
# 7
Pilgan

Read and answer the question.

Where did Malin and his wife go for a honeymoon holiday?

A

They went to a beautiful island.

B

They went to their parents' house.

C

They went to his wife's house.

D

They went to Malin's hometown.

Pembahasan:

Terjemahan dari soal di atas adalah sebagai berikut.

Baca dan jawab pertanyaan tersebut.

Malin Kundang

Bertahun-tahun yang lalu, seorang anak laki-laki bernama Malin Kundang tinggal dengan ibunya di sebuah desa kecil. Mereka miskin dan sulit menemukan sesuatu untuk dimakan.

Suatu hari, Malin menanyai ibunya tentang merantau. Dia berkeinginan menjadi orang kaya dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan sehari-hari keluarganya. Ibunya mengizinkan dan menasihatinya agar menjadi seorang yang baik dan rajin serta tidak lupa untuk pulang ke rumah.

Disana, di perantauan, Malin menjadi orang kaya dan menikahi gadis orang tajir. Dia pernah mengatakan bahwa dia yatim piatu, sehingga dia tidak mengundang ibunya ke pestanya.

Setelah menikah, istrinya meminta liburan bulan madu ke sebuah pulau, yang merupakan kampung halaman Malin. Teman masa kecil Malin melihatnya dan memberitahu ibunya Malin. Ibu Malin langsung berlari menuju anaknya. Sedihnya, ketika bertemu, Malin tidak mengakuinya sebagai ibunya. Malin merasa malu dengan penampilan ibunya. Ibu Malin berlutut ke Malin, tetapi dia menendang ibunya. Ibu Malin merasa gundah dan mengutuk Malin menjadi sebuah batu.

Kemana Malin dan istrinya pergi liburan bulan madu?

Sedangkan, terjemahan pilihan jawaban adalah:

  • They went to a beautiful island — Mereka pergi ke sebuah pulau yang cantik.
  • They went to their parents' house Mereka pergi ke rumah orang tua mereka.
  • They went to his wife's house — Mereka pergi ke rumah istrinya.
  • They went to Malin's hometown Mereka pergi ke kampung halaman Malin.

Soal ini meminta kita untuk mencari tahu tempat tujuan liburan bulan madu Malin dan istrinya setelah menikah. Untuk menemukan jawabannya, mari kita lihat potongan dari cerita berikut ini.

  • After married, his wife asked a honeymoon holiday to an island, which was Malin's hometown ⟶ Setelah menikah, istrinya meminta liburan bulan madu ke sebuah pulau, yang merupakan kampung halaman Malin.

Dari potongan cerita tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Malin dan istrinya liburan bulan madu di sebuah pulau yang merupakan kampung halaman Malin. Sehingga, jawaban yang tepat adalah "They went to Malin's hometown".