Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Identifikasi Laporan Percobaan
# 5
Pilgan

Cermati teks berikut!

Tumbuh adalah proses bertambahnya berat, ukuran, volume organisme hidup yang disebabkan bertambahnya jumlah dan ukuran sel-sel yang membangun tubuh. Pertumbuhan tanaman tidak terlepas dari faktor eksternal yang berupa cahaya matahari. Cahaya matahari sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Bagi tumbuhan yang berklorofil, cahaya matahari akan sangat menentukan proses fotosintesis.

Daun bawang (Allium Fistulosumi) adalah tumbuhan jenis sayuran dari kelompok bawang. Agar daun bawang tumbuh dengan baik tentu diperlukan bantuan, salah satunya dengan bantuan cahaya matahari. Banyak teori menjelaskan tentang pengaruh cahaya matahari terhadap proses pertumbuhan. Namun, teori tersebut belum sepenuhnya benar jika belum mengetahui secara langsung. Oleh karena itu, kami mengadakan percobaan untuk mengetahui pengaruh cahaya matahari pada proses pertumbuhan tanaman daun bawang.

(Sumber: Academia.edu-Pengaruh Cahaya Matahari terhadap Pertumbuhan Daun Bawang, dengan penyesuaian)

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi kutipan teks tersebut adalah ...

A

Cahaya matahari merupakan faktor eksternal yang sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman.

B

Cahaya matahari sangat menentukan proses fotosintesis bagi tumbuhan yang berklorofil.

C

Cahaya matahari dan suhu panas diperlukan oleh tanaman daun bawang untuk proses pertumbuhan.

D

Cahaya matahari diperlukan tanaman daun bawang pada proses pertumbuhan agar tumbuh dengan baik.

Pembahasan:

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan teks adalah pernyataan yang tidak tercantum dalam kutipan teks.

*Cahaya matahari merupakan faktor eksternal yang sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman benar karena tercantum pada kalimat ke-2 paragraf pertama.

*Cahaya matahari sangat menentukan proses fotosintesis bagi tumbuhan yang berklorofil → benar karena tercantum pada kalimat ke-4 paragraf pertama.

*Cahaya matahari dan suhu panas diperlukan oleh tanaman daun bawang untuk proses pertumbuhan salah karena dalam teks tidak ada pernyataan bahwa 'suhu panas' diperlukan oleh tanaman daun bawang untuk proses pertumbuhan.

*Cahaya matahari diperlukan tanaman daun bawang pada proses pertumbuhan agar tumbuh dengan baik → benar karena tercantum pada kalimat ke-2 paragraf kedua.