Latihan IPS Kelas VII Keruangan dan Interaksi Antarruang di Indonesia
# 4
Pilgan

Hewan di Indonesia yang termasuk dalam jenis fauna Peralihan adalah ....

A

kancil

B

biawak

C

trenggiling

D

burung kasuari

Pembahasan:

Indonesia memiliki 300.000 jenis spesies fauna yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlah tersebut termasuk dalam 17% total dari jenis fauna di dunia. Fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 yaitu fauna Asiatis, fauna Australiatis dan fauna Peralihan.

Fauna Peralihan adalah hewan yang berada di wilayah peralihan dari fauna Australiatis dan Asiatis. Wilayah ini berada di antara Indonesia Timur dan Barat yaitu Pulau Sulawesi, Kepualuan Maluku, dan Nusa Tenggara. Di pulau Sulawesi terdapat kera (fauna Australiatis) dan kuskus (fauna Asiatis). Hewan-hewan yang termasuk fauna peralihan adalah:

  • Biawak dan komodo, hewan ini dapat ditemui di NTT dan Pulau Komodo
  • Anoa, hewan ini dapat ditemui di Pulau Sulawesi
  • Babi rusa, hewan ini termasuk dalam spesies endemik dan dapat ditemui di Pulau Sulawesi dan Maluku bagian barat. Babi rusa memiliki taring panjang dan melengkung yang sering digunakan untuk pencari makanan.
  • Burung maleo, hewan ini termasuk burung langka karena hanya bisa ditemui di Sulawesi dan Kepulauan Sangihe.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai hewan di Indonesia yang termasuk dalam jenis fauna Peralihan pada soal di atas adalah biawak. Sementara itu, kancil dan trenggiling termasuk jenis fauna Asiatis, sedangkan burung kasuari termasuk jenis fauna Australiatis.