Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Mengenal Teks Wawancara
# 10
Pilgan

Cermati teks berikut!

Pewawancara: Apa salah satu budaya Indonesia yang saat ini kian hilang dari hari ke hari, Pak?

Narasumber: Banyak sekali, di antaranya sopan santun, sikap persaudaraan, keramahan, hingga sikap saling menghormati satu sama lain. Padahal, Indonesia terkenal di mata dunia sebagai negara yang menjunjung tinggi budaya keramahan dan sopan santun.

Pewawancara: Apa faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi?

Narasumber: Ada faktor eksternal yang memengaruhi hal tersebut. Salah satunya adalah masuknya budaya Barat dan kesalahan individu dalam menyerap beberapa budaya Barat yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

(Dikutip dari news.okezone.com, dengan penyesuaian)

Teks di atas termasuk ke dalam teks ....

A

wawancara

B

cerita pendek

C

drama

D

berita

Pembahasan:

Teks wawancara adalah teks yang berisi hasil percakapan antara narasumber dan pewawancara mengenai suatu hal. Tujuan dari wawancara adalah mendapatkan informasi yang tepat, jelas, dan tepercaya dari narasumber yang sudah menguasai bidang yang bersangkutan. Dengan begitu, informasi yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dalam teks soal di atas terdapat pewawancara dan narasumber serta pewawancara tersebut menanyakan informasi, yaitu mengenai budaya Indonesia yang mulai hilang. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa teks di atas termasuk ke dalam teks wawancara.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10