Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Mengenal Teks Wawancara
# 4
Pilgan

Wawancara dengan dokter COVID-19

dr Ungky di RS Saiful Anwar, Malang

sumber: vivanews.com

Bacalah teks wawancara berikut!

Narasumber : dr Ungky Agus Setiawan
Topik      : Pengalaman merawat pasien COVID-19
Waktu      : 20 Maret 2020; 11.00-11.30 WIB
Tempat     : Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang
Pewawancara: Siti Ruqoyah

Siti Ruqoyah: Selamat siang, Dokter. Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk pengorbanan Dokter dalam merawat pasien virus corona atau COVID-19.

dr Ungky: Iya, Mbak. Sebagai dokter, saya memang sudah disumpah untuk membantu masyarakat. Kalau tidak kita tangani, siapa lagi yang bisa membantu?

Siti Ruqoyah: Baiklah, memang benar profesi dokter sungguh mulia. Boleh saya tanya bagaimana pengalaman Dokter dalam merawat pasien virus korona?

dr Ungky (dengan berkaca-kaca): Saya ini memang spesialis paru. Dulu pernah menangani pasien SARS. Tapi, COVID ini beda. Perjalanannya cukup cepat, banyak pasien yang pergi. Karena ini penyakit baru.

Siti Ruqoyah: Wah, apakah Dokter merasa takut karena tiap hari terpapar virus dari tubuh pasien?

dr Ungky: Ya, saya merasa takut juga. Karena taruhannya nyawa saya sendiri. Tapi saya anggap ini adalah tugas kemanusiaan. Saya juga saling menyemangati dengan petugas medis lainnya agar bisa lanjut terus melayani.

Siti Ruqoyah: Lalu apakah ada tindakan yang Dokter lakukan supaya terhindar dari serangan virus?

dr Ungky: Saya selalu menggunakan alat pelindung diri secara lengkap. Lalu supaya daya tahan tubuh kuat, saya mengonsumsi makanan dan vitamin yang bisa meningkatkan imun dalam tubuh. Saya usahakan selalu merasa optimis dan tidak kerja terlalu lelah. Dengan kata lain, jaga kondisi tubuh sendiri.

Siti Ruqoyah: Apakah benar Dok, kalau serangan virus ini belum ada obatnya?

dr Ungky: Ya, betul. Memang belum ada obatnya. Kalau pasien sudah terinfeksi, yang paling penting adalah merasa optimis dan terus berusaha meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu mungkin sang pasien bisa melewati kondisi terburuk dan akhirnya selamat.

Siti Ruqoyah: Baiklah, Dok. Saya tidak mau terlalu banyak mengambil waktu Dokter yang berharga. Selamat bertugas dan terima kasih sudah menjalankan tugas mulia ini!

dr Ungky: Terima kasih, sama-sama.

(Sumber: vivanews.com, dengan penyesuaian)


Berdasarkan teks di atas, lokasi wawancara adalah ....

A

kantor berita

B

rumah sakit

C

kamar pasien

D

kediaman dokter

Pembahasan:

Dari informasi awal teks wawancara, diketahui tempat wawancara adalah Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang. Jadi jawaban yang tepat adalah di rumah sakit.