Latihan Bahasa Indonesia Kelas VII Ciri dan Tujuan Teks Deskripsi
# 2
Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Gita adalah gadis yang sangat peduli dengan lingkungan sekitar. Rasa empati yang ia miliki membuatnya sering menolong orang. Sekalipun itu adalah hal kecil, seperti membantu teman yang terjatuh dari sepeda, menghapuskan papan tulis yang kotor, membantu ayah dan ibu di rumah, dan banyak hal lainnya. Gita sangat perhatian kepada keluarga dan teman-teman. Oleh karena itu, Gita menjadi gadis yang disayangi oleh orang-orang di sekitarnya.

Gita tidak hanya perhatian pada orang-orang di sekitarnya, ia juga sangat sayang pada binatang. Ia memiliki seekor kucing yang sangat mungil. Kucing tersebut Gita temukan di dalam kardus di pinggiran toko saat pulang sekolah. Kucing itu tampak kelaparan karena badannya yang kurus. Gita merawat kucing tersebut dengan kasih sayang. Setiap hari, Gita tidak pernah telat memberikan makanan pada kucing malang tersebut.

Kucing yang dipelihara Gita memiliki bulu yang putih dan sangat halus. Selain itu, kucing tersebut juga memiliki mata bulat berwarna coklat. Ekornya memang tidak terlalu panjang tapi dia suka mengibas-ngibas dan menjilati ekornya. Kucing tersebut diberi nama Qi.

Qi adalah kucing yang pintar. Setiap pagi, Qi membangunkan Gita dengan menjilati kaki gadis kecil itu. Ketika Gita berangkat ke sekolah, Qi akan mengantar Gita sampai depan pintu rumah, dan saat Gita pulang, Qi sudah ada di sana untuk menyambutnya. Qi suka sekali bermain lempar bola dengan Gita. Saat libur, Gita akan membawa Qi jalan-jalan. Mereka terkadang pergi ke taman atau lapangan dekat rumah. Di sana, Qi akan berlari-lari dan bermain bola. Qi adalah peliharaan dan teman yang sangat Gita sayangi.

Apa tujuan dari teks deskripsi di atas?

A

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang seekor kucing.

B

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang seorang gadis.

C

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang seorang teman.

D

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang Gita dan kucingnya.