Latihan Bahasa Indonesia Kelas IV Teks Fiksi-Tokoh Cerita
# 4
Pilgan

Legenda Kanjeng Ratu Kidul (Jawa)

Suatu malam Pangeran Panembahan Senopati bertapa di Pantai Parang Kusumo. Dengan bertapa, ia bermaksud ingin menemukan cara untuk menaklukkan Kesultanan Pajang. Jika Kesultanan Pajang berhasil ditaklukkan, maka ia ingin membangun kerajaan baru yang dinamakan Mataram.

Tapanya sangat khusyuk hingga terjadi gelombang dahsyat yang mengganggu Laut Selatan. Penguasa Laut Selatan, Kanjeng Ratu Kidul, segera datang memeriksa ke pantai. Begitu melihat Panembahan Senopati yang gagah dan tampan sedang bertapa, sang Ratu seketika jatuh cinta. Sang Ratu meminta Panembahan Senopati untuk menikah dengannya.

Panembahan Senopati menyanggupi permintaan Kanjeng Ratu Kidul. Sang Ratu pun mengerahkan lelembut Laut Selatan untuk membantu sang Pangeran menaklukkan Kesultanan Pajang. Serangan mereka berhasil! Kesultanan Pajang kalah dan Kesultanan Mataram didirikan. Sang Ratu pun menjadi pasangan spiritual sang Pangeran. Tidak hanya itu, sang Ratu juga menjadi pasangan spiritual bagi semua raja Mataram yang akan datang.

(Sumber: dongengceritarakyat.com, wikipedia)

Tokoh yang dikalahkan Panembahan Senopati dalam cerita di atas adalah ....

A

Pangeran Parang Kusumo

B

Sultan Mataram

C

Kanjeng Ratu Kidul

D

Sultan Pajang