Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Pidato Persuasif
# 9
Pilgan

Cara memersuasi di bawah ini dengan menggunakan pendekatan logika adalah ...

A

Sebagai manusia yang memiliki akal budi, seharusnya kita mampu menjaga alam lingkungan dengan lebih baik. Pembuangan sampah sembarangan, pembangunan infrastruktur tanpa memerhatikan aspek lingkungan, penggunaan limbah plastik berlebihan, contoh-contoh tersebut adalah langkah manusia untuk merusak alam lingkungan. Dampak buruk yang bisa terjadi adalah polusi lingkungan, kerusakan hutan, kesulitan mendapatkan air bersih, dan lain sebagainya yang justru akan kembali melukai manusia itu sendiri. Maka, sudah seharusnya kita sebagai manusia berakal budi merawat dan menjaga alam lingkungan ini.

B

Kenakalan remaja akan membuat para orang tua semakin resah dari ke hari. Orang tua yang memiliki anak yang sudah pernah terjerumus ke dalam dampak negatif dari kenakalan remaja ini mengaku menyesal dan miris dengan kondisi anaknya. Maka, sebagai orang tua, marilah mendidik anak kita dengan lebih baik lagi agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

C

Penggunaan biogas merupakan salah satu cara yang efektif ketika sumber daya alam kita semakin terbatas. Dengan beralih ke energi biogas ini kita tidak merampas hak-hak generasi penerus bangsa dengan mencuri sumber daya alam yang tersisa.

D

Inilah pentingnya diadakan pendidikan non-formal di luar kegiatan akademis di sekolah. Anak akan semakin mudah mengasah ketajaman perasaannya dalam melihat kepekaan di sekitarnya. Selain itu, mengajarkan anak bersimpati kepada orang lain dapat memupuk rasa kepedulian yang lebih besar pada anak.