Latihan Bahasa Indonesia Kelas IX Pidato Persuasif
# 7
Pilgan

Cermati ilustrasi berikut!

Gea adalah seorang ketua OSIS. Ia memperhatikan bahwa teman-temannya mulai biasa melakukan kecurangan terutama saat ujian. Banyak teman-temannya yang semakin lihai untuk menyontek maupun diam-diam membuat kunci jawaban ulangan dengan menyalin catatan di kertas kecil dan dibawa sewaktu ujian. Karena keprihatinannya tersebut, ia hendak menyampaikannya di dalam pidato yang harus dibawakannya saat Hari Pendidikan Nasional.

Contoh isi pidato yang berisi paparan gagasan sesuai dengan keprihatinan Gea tersebut adalah ...

A

Teman-teman yang saya cintai, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini, izinkanlah saya menyampaikan gagasan dan pesan saya mengenai budaya menyontek yang semakin marak di kalangan pelajar. Menyontek bukanlah kegiatan baru bagi setiap pelajar yang menuntut ilmu secara formal di sebuah lembaga pendidikan, namun bukannya dihindari, kebanyakan pelajar memilih mengabaikan prinsip keadilan.

B

Hadirin sekalian, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini, izinkanlah saya menyampaikan kekhawatiran saya mengenai kemerosotan moral pelajar dalam menghargai orang tua. Etika dalam berbicara dan bertindak nampaknya semakin dilupakan oleh pelajar pada zaman sekarang.

C

Bapak dan Ibu yang saya hormati, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini, izinkanlah saya menyampaikan kekhawatiran saya mengenai penggunaan narkoba yang semakin merajalela di kalangan pelajar. Pelajar semakin mudah mendapatkan barang haram tersebut dikarenakan kemudahan teknologi informasi di era globalisasi zaman sekarang.

D

Teman-teman yang saya kasihi, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ini, izinkanlah saya menyampaikan gagasan dan pesan saya mengenai ketidakjujuran yang semakin marak di kalangan pelajar. Salah satu contohnya adalah berbohong mengenai surat izin. Banyak pelajar yang berani memalsukan surat izin yang disampaikan ke sekolah agar bisa membolos sekolah.