Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Unsur-unsur Berita
# 10
Pilgan

Cermati paragraf berita berikut!

Letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras. Warga yang tinggal di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendengar dengan jelas dentuman tersebut. Letusan ini merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud pada era modern. Dampak dari letusan ini adalah hujan abu yang berhembus hingga mengenai sejumlah wilajah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang berjarak lebih dari 200 km dari Gunung Kelud.

Ketua Tim Pemantau Aktivitas Gunung Kelud dari PVMBG Bandung, Umar Rosyadi mengatakan letusan tahun ini sangat luar biasa. Ketinggian lontaran material ke angkasa hingga radius 17 kilometer menjadi bukti besarnya daya ledak magma Gunung Kelud.


(Sumber: www.liputan6.com, dengan penyesuaian)


Kalimat utama paragraf pertama penggalan paragraf tersebut adalah ...

A

Letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras.

B

Warga yang tinggal di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendengar dengan jelas dentuman tersebut.

C

Letusan ini merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud pada era modern.

D

Dampak dari letusan ini adalah hujan abu yang berhembus hingga mengenai sejumlah wilajah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang berjarak lebih dari 200 km dari Gunung Kelud.

Pembahasan:

Kalimat utama merupakan sebuah kalimat umum yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kalimat utama memuat ide pokok maupun gagasan utama yang nantinya akan dijelaskan pada kalimat-kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Perlu diperhatikan bahwa dalam suatu paragraf kalimat utama tidak selalu berada di awal kalimat. Jenis paragraf dengan kalimat utama di awal paragraf adalah paragraf deduktif, sedangkan paragraf yang memuat kalimat utama di akhir paragraf adalah jenis paragraf induktif. Namun ada pula kalimat utama yang terletak di awal dan di akhir paragraf. Paragraf ini disebut jenis paragraf campuran.

Adapun ciri-ciri kalimat utama adalah sebagai berikut :

  1. Pada umumnya, kalimat utama dapat berdiri sendiri sehingga (seringkali) tidak membutuhkan konjungsi antar kalimat karena sudah memiliki arti yang jelas.
  2. Kalimat utama berisi hal atau topik yang umum sehingga bisa dikembangkan dalam kalimat penjelas selanjutnya.
  3. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf biasanya menggunakan konjungsi tambahan yaitu: "Sehingga...", "Bisa disimpulkan, bahwa..."


Apabila kita mencermati paragraf pertama berita tersebut kalimat yang merupakan kalimat umum terletak di awal kalimat yaitu: Letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras.

Kalimat kedua: Warga yang tinggal di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendengar dengan jelas dentuman tersebut. Kata tersebut merujuk kepada persitiwa yang terjadi di kalimat sebelumnya. Sehingga kalimat kedua ini merupakan kalimat penjelas.

Kalimat ketiga: Letusan ini merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah Gunung Kelud pada era modern. Kata ganti ini merupakan kata ganti yang merujuk pada letusan yang dijelaskan pada kalimat pertama. Sehingga kalimat ketiga ini merupakan kalimat penjelas.

Kalimat keempat: Dampak dari letusan ini adalah hujan abu yang berhembus hingga mengenai sejumlah wilajah Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang berjarak lebih dari 200 km dari Gunung Kelud. Kata ganti ini juga menerangkan atau merujuk kepada letusan yang terjadi di kalimat pertama. Sehingga kalimat keempat ini juga merupakan kalimat penjelas.

Jadi, kesimpulannya, berdasarkan keterangan-keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa kalimat utama paragraf pertama penggalan berita tersebut adalah: letusan Gunung Kelud pada Kamis malam (13 Februari 2014) mengeluarkan bunyi dentuman yang cukup keras.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10