Latihan Bahasa Indonesia Kelas VIII Unsur-unsur Berita
# 9
Pilgan

Baca kutipan teks berita berikut dengan seksama!

Pantai Trisik di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak hanya pantai wisata keluarga semata. Di sana, wisatawan kini bisa menyaksikan dari dekat bagaimana tukik, sebutan bagi anak penyu, dirawat hingga kembali ke laut. Pantai Trisik, salah satu dari 5 kawasan pantai Kulon Progo yang bisa jadi rujukan wisata. Pantai Trisik ini berada di Dusun Sidorejo, Desa Banaran, Kecamatan Galur. Sekitar 30 menit jauhnya dari Wates, pusat Kulon Progo. Pantai Trisik buka 24 jam sehari karena tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi pantai ini.

(Sumber: travel.kompas.com, dengan penyesuaian)


Unsur-unsur 5W+1H (what, where, when, why, who, + how) yang tidak terdapat pada paragraf berita tersebut adalah ....

A

"who" dan "why"

B

"why" dan "how"

C

"what" dan "where"

D

"how" dan "where"

Pembahasan:

Dalam teks berita terdapat unsur-unsur berita yaitu 5W+1H (what, where, when, who, why, how). Pengertian masing-masing unsur terdapat di bawah ini, yaitu:

  • what: unsur yang menyatakan apa yang terjadi dalam berita.
  • where: unsur yang menerangkan di mana kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kalimat di- ke- dari- atau kalimat penghubung yang merujuk ke tempat lainnya).
  • when: unsur yang menerangkan kapan kejadian tersebut terjadi (ditandai dengan kata-kata yang berhubungan dan menunjukkan waktu).
  • who: unsur yang menerangkan siapa yang terlibat di dalam berita tersebut (merujuk pada orang, nama orang).
  • why: unsur yang menerangkan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi (menyatakan alasan kejadian tersebut bisa terjadi).
  • how: unsur yang menerangkan bagaimana kejadian tersebut terjadi (biasanya menerangkan rentetan kejadian secara jelas dan sistematis)


Apabila kita mencermati paragraf berita tersebut dan memetakkan sesuai dengan unsur-unsurnya, maka:

  • who wisatawan.
  • where Pantai Trisik di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menunjukkan keterangan tempat.
  • when → Pantai Trisik buka 24 jam sehari karena tidak ada batasan waktu untuk mengunjungi pantai ini. Kata yang dicetak miring tersebut menunjukkan keterangan waktu.
  • what wisatawan bisa menyaksikan dari dekat bagaimana tukik, sebutan bagi anak penyu, dirawat hingga kembali ke laut.


Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan keterangan di atas bahwa unsur yang tidak ada dalam paragraf tersebut adalah: "why" dan "how" karena tidak ada keterangan sebab-akibat mengapa kegiatan tersebut dilakukan, dan tidak ada keterangan bagaimana kegiatan tersebut dilakukan.